Pengaruh token ekonomi dalam meningkatkan perilaku prososial pada siswa kelas IV dan V SDN Sumbersari II Kota Malang / Mochammad Ardiansa

Ardiansa, Mochammad (2015) Pengaruh token ekonomi dalam meningkatkan perilaku prososial pada siswa kelas IV dan V SDN Sumbersari II Kota Malang / Mochammad Ardiansa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiansa, Moch. 2015. Pengaruh Token Ekonomi dalam Meningkatkan Perilaku Prososial pada Siswa Kelas IV Dan V SDN Sumbersari III Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (2) Drs. H. MohammadBisri, M.Si Kata kunci: token ekonomi, perilaku prososial. Perilaku prososial merupakan tindakan yang ditujukan untuk memberikan keuntungan bagi orang lain dan orang yang menolong akan merasa bahwa seseorang yang ditolongnya lebih sejahtera. Perilaku prososial pada masyarakat tak terkecuali pada anak mengalami tren penurunan akhir-akhir ini. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku prososial adalah teknik modifikasi perilaku token ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dan V SDN Sumbersari III Kota Malang sejumlah 66 siswa. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah skala perilaku prososial. Sedangkan instrumen perlakuannya adalah modul token ekonomi untuk meningkatkan perilaku prososial. Analisis data menggunakan teknik uji t untuk mengetahui pengaruh token ekonomi dalam meningkatkan perilaku prososial. Hasil dari penelitian ini menunjukkanada perbedaan skor perilaku prososial antara sebelum dan sesudah eksperimen dilaksanakan, sehingga dapat disimpulkan bahwa token ekonomi memiliki pengaruh dalam meningkatkan perilaku prososial. Dalam penelitian ini terdapat kekurangan dalam hal pemilihan token yang tampaknya kurang begitu diminati oleh subjek penelitian serta backup reinforcement yang terbatas. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat memberi backup reinforcement yang lebih banyak dan lebih bagus, dan mengganti token dengan benda lain yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56052

Actions (login required)

View Item View Item