Penerimaan diri siswa penyandang tuna daksa di SMPLB Negeri Kota Pasuruan / Khikmah Nur Ashila - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerimaan diri siswa penyandang tuna daksa di SMPLB Negeri Kota Pasuruan / Khikmah Nur Ashila

Ashila, Khikmah Nur (2015) Penerimaan diri siswa penyandang tuna daksa di SMPLB Negeri Kota Pasuruan / Khikmah Nur Ashila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ashila Khikmah Nur. 2011. Penerimaan Diri Siswa Penyandang Tuna Daksa di SMPLB Negeri Kota Pasuruan. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si. (II) Ike Dwiastuti S.Psi M.Psi. Kata kunci penerimaan diri tuna daksa siswa SMPLB. Tuna daksa adalah seseorang yang mengalami kelainan atau kecacatan pada sistem otot tulang dan persendian karena kecelakaan kongenital dan atau kerusakan otak yang dapat mengakibatkan gangguan gerak kecerdasan komunikasi persepsi koordinasi perilaku dan adaptasi sehingga mereka memerlukan layanan pendidikan khusus. Kondisi fisik yang berbeda terkadang menyebabkan para penyandang tuna daksa merasa malu ataupun minder untuk bersosialisasi dengan teman sebaya ataupun orang-orang disekitarnya. Sebelumnya sudah ada penelitian yang meneliti tentang penerimaan diri pada penderita epilepsi namun belum ditemukan adanya penelitian yang meneliti tentang penerimaan diri siswa penyandang tuna daksa. Berkenaan dengan hal tersebut perlu diketahui pula mengenai penerimaan diri siswa penyandang tuna daksa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan diri siswa penyandang tuna daksa dan mengetahui pembentukan penerimaan diri siswa penyandang tuna daksa. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Data yang disajikan merupakan pemaparan dari hasil wawancara dan observasi yang diperoleh selama penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif. Pengecekan keabsahan data menggunakan validasi responden (respondent validation). Kemudian untuk menguji validitas adalah dengan triangulasi perspektif. Berdasarkan hasil analisis terhadap data diperoleh kesimpulan bahwa ketiga subjek memiliki penerimaan diri yang realistik. Pembentukan penerimaan diri subjek adalah dari lingkungan keluarga lingkungan non keluarga faktor psikologis atau pemikiran subjek dan kedekatan terhadap Tuhan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai penerimaan diri siswa penyandang tuna daksa dan pembentukan penerimaan diri siswa tuna daksa sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik bagi penerimaan diri siswa penyandang tuna daksa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56051

Actions (login required)

View Item View Item