Efektivitas video membaca ekspresi wajah dalam menmingkatkan kemampuan mengenal emosi pada anak autis / Karina Risti Pradipta

Pradipta, Karina Risti (2015) Efektivitas video membaca ekspresi wajah dalam menmingkatkan kemampuan mengenal emosi pada anak autis / Karina Risti Pradipta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pradipta, R. Karina. 2014.Efektifitas Video Membaca Ekspresi Wajah dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Emosi Pada Anak Autis. Skripsi. Jurusan Psikologi. Fakultas Pendidikan Psikologi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Diyah Sulistiyorini, S.Psi, M.Psi, (2) Farah Farida Tantiani, S.Psi, M.Psi. Kata kunci: kemampuan mengenal emosi, anak dengan autisme, video membaca ekspresi wajah Autisme merupakan salah satu bentuk gangguan tumbuh kembang, berupa sekumpulan gejala akibat adanya kelainan syaraf-syaraf tertentu yang menyebabkan fungsi otak tidak bekerja secara normal sehingga mempengaruhi tumbuh kembang, kemampuan komunikasi, dan kemampuan interaksi sosial seseorang. Secara khas gangguan yang termasuk dalam kategori ini ditandai dengan distorsi perkembangan fungsi psikologis dasar majemuk yang meliputi perkembangan ketrampilan sosial dan berbahasa, seperti perhatian, persepsi, daya nilai terhadap realitas, dan gerakan-gerakan motorik. Video Membaca Ekspresi Wajah adalah sebuah video yang berisikan sepuluh gambar ekspresi wajah yang berbeda-beda. Ekspresi yang digunakan adalah marah, sedih, bahagia/senang, takut, bersalah, bersemangat, terkejut, lelah, bingung, dan bosan. Pada setiap dibawah gambar wajah yang ditunjukkan akan tampil pilihan jenis emosi yang mungkin beserta jawabannya. Video ini dirancang dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan mengenal emosi. Yang dimaksud dengan mengenal emosi dalam penelitian ini adalah anak mampu membedakan jenis emosi sekalipun dari ekspresi wajah yang berbeda, serta mampu melabeli setiap emosi yang muncul baik dalam diri sendiri maupun orang lain. Jenis-jenis emosi yang diharapkan mampu mengenali kesepuluh emosi yang ditunjukkan dalam video tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas media Video Membaca Ekspresi Wajah dan meningkatkan kemampuan mengenal emosi pada anak dengan autisme. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasi. Desain penelitian eksperimen kuasi dipilih karena dalam pemilihan subyek tidak dilakukan randomisasi. Jumlah subyek dalam penilitian ini anak n kecil yakni n =3. Subyek yang telah dipilih selanjutnya diberi pretest?© perlakuan, kemudian posttest, Hasil pretest dan posttest yang didapat kemudian dilakukan uji statistik nonparametrik Wilcoxon untuk melihat perubahan sebelum dan sesudah perlakuan serta melihat keefektifan media. Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0.102 dengan signifikansi p<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video membaca ekspresi wajah efektif dalam meningkatkan kemempuan mengenal emosi pada anak autis tetapi tidak signifikan.Diharapkan pada penelitian selanjutnya jumlah subyek diperbanyak sehingga mampu melihat keefeitifan video ini dalam populasi. Temuan penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan media dalam belajar mengenal emosi pada anak dengan autisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56050

Actions (login required)

View Item View Item