Hubungan antara inisiatif pertumbuhan diri (personal growth initiative) dengan kepuasan hidup pada lanjut usia di PWRI Ranting Kedungkandang Malang / Yolanda Bernidianis Pertiwi

Pertiwi, Yolanda Bernidianis (2015) Hubungan antara inisiatif pertumbuhan diri (personal growth initiative) dengan kepuasan hidup pada lanjut usia di PWRI Ranting Kedungkandang Malang / Yolanda Bernidianis Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pertiwi, Yolanda Bernidianis. 2015. Hubungan antara Inisiatif Pertumbuhan Diri (Personal Growth Initiative) dengan Kepuasan Hidup pada Lanjut Usia di PWRI Ranting Kedungkandang, Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si, (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi, M.Si. Kata kunci : inisiatif pertumbuhan diri, personal growth initiative, kepuasan- hidup, lanjut usia, PWRI Inisiatif pertumbuhan diri (personal growth initiative) adalah keterlibatan individu secara sadar dan aktif dalam proses pertumbuhan dan perkembangan diri untuk terus mengasah potensinya. Kepuasan hidup adalah penilaian kognitif seseorang mengenai kondisi emosi positif pada keseluruhan hidupnya dengan membandingkan keadaannya saat ini dengan keadaan yang dianggap sebagai standar ideal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan inisiatif pertumbuhan diri lanjut usia, (2) mendeskripsikan kepuasan hidup lanjut usia, (3) mengetahui hubungan antara inisiatif pertumbuhan diri dengan kepuasan hidup lanjut usia. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara inisiatif pertumbuhan diri dengan kepuasan hidup pada lanjut usia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 88 orang anggota PWRI Ranting Kedungkandang Malang. Instrument yang digunakan adalah skala inisiatif pertumbuhan diri dan skala kepuasan hidup. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik korelasi Product Moment Pearson. Hasil dari penelitian ini adalah secara umum lanjut usia memiliki tingkat inisiatif pertumbuhan diri yang tinggi (62,5%), secara umum lanjut usia juga memiliki kepuasan hidup yang tinggi (75%). Terdapat hubungan positif antara inisiatif pertumbuhan diri dengan kepuasan hidup lanjut usia ( = 0,692 dan p = 0,000). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: (1) Bagi lanjut usia untuk selalu berusaha meningkatkan inisiatif pertumbuhan diri dengan selalu aktif mengikuti kegiatan sosial dan keagamaan, mau mengembangkan diri dan yakin dengan kemampuan yang dimiliki serta selalu berpikiran positif. (2) Bagi lembaga pemberdayaan lanjut usia diharapkan dapat membantu dan memfasilitasi kebutuhan lanjut usia. (3) Bagi keluarga lanjut usia agar selalu memberi dukungan terhadap kegiatan lanjut usia dan selalu menjalin komunikasi yang baik. (4) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggali lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhi inisiatif pertumbuhan diri maupun kepuasan hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56044

Actions (login required)

View Item View Item