Hubungan citra tubuh dengan penerimaan diri pada remaja cosplayer komunitas Cosuki di kota Malang / Cecilia Sarah Degreta Papuko

Papuko, Cecilia Sarah Degreta (2015) Hubungan citra tubuh dengan penerimaan diri pada remaja cosplayer komunitas Cosuki di kota Malang / Cecilia Sarah Degreta Papuko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Papuko, Cecilia Sarah Degretha. 2015. Hubungan Citra Tubuh dengan Penerimaan Diri Pada Remaja Cosplayer Komunitas Cosuki di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Hj. Tutut Chusniyah, M.Si. (II) Drs. H. Mohammad Bisri,M.Si Kata kunci : penerimaan diri, citra tubuh, remaja, cosplayer Pada remaja, bagaimana dirinya menilai bentuk tubuh sangat berpengaruh pada penerimaan diri. Bila citra tubuh yang dimilikinya baik maka akan lebih mudah untuk mengembangkan diri. Demikian pula halnya dengan penerimaan diri, remaja yang menerima diri sebagaimana adanya akan lebih mudah untuk memaksimalkan kelebihannya serta berusaha untuk memperbaiki kelemahannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh dengan penerimaan diri pada remaja cosplayer. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 40 orang remaja cosplayer anggota Cosuki dengan teknik tryout terpakai. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Citra Tubuh dan Skala Penerimaan Diri. Hasil uji validitas pada skala citra tubuh menunjukkan bahwa 30 aitem valid dari 50 aitem (reliabilitas = 0,885). Dan hasil uji validitas skala penerimaan diri menunjukkan bahwa 24 aitem valid dari 30 aitem (reliabilitas = 0,860). Analisis korelasional dengan menggunakan Pearson Product Moment, menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara citra tubuh dengan penerimaan diri pada remaja Cosplayer anggota Komunitas Cosuki di Kota Malang, (r)= 0,643, (p)= 0,000 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa, bila citra tubuh remaja cosplayer tinggi maka penerimaan dirinya juga tinggi, demikian sebaliknya bila citra tubuh remaja cosplayer rendah maka penerimaan dirinya juga rendah. Dari hasil penelitian ini disarankanremaja cosplayer anggota dapat meningkatkan citra tubuh dan penerimaan pada diri sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan mencintai dan menghormati diri serta menerima segala kekurangan yang dimiliki walaupun tidak sesuai dengan gambaran tubuh ideal. Serta mengembangkan segala kemampuan diri dan menjalankan hobi tanpa harus memaksakan diri menjadi sama persis dengan karakter idola. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih informatif dengan menggunakan metode penelitian lainnya seperti metode kualitatif, atau dengan memperluas populasi dan menambah jumlah sampel agar hasil yang didapatkan bisa digeneralisasi lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56032

Actions (login required)

View Item View Item