Pengaruh menia numetri puzzle untuk meningkatkan kemampuan matematika anak tuna grahita kelas IV Sekolah Luar Biasa Putra Jaya Malang / Endra Puspita Sari

Sari, Endra Puspita (2015) Pengaruh menia numetri puzzle untuk meningkatkan kemampuan matematika anak tuna grahita kelas IV Sekolah Luar Biasa Putra Jaya Malang / Endra Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari, EndraPuspita. 2015. Pengaruh media numetri puzzle untukmeningkatkankemampuanmatematikaanaktunagrahitakelas IV di SekolahDasarLuarBiasa Putra Jaya Malang. Skripsi, JurusanPsikologiFPPsiUniversitasNegeri Malang.DosenPembimbing (I) Dra. Sri WeniUtamiM.Si, (II) NinikSetiyowatiS.Psi, M.Psi Kata Kunci : media numetri puzzle, kemampuanmatematika, anaktunagrahitakelas IV Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui media numetri puzzledapatmempengaruhikemampuanmatematikaanaktunagrahitakelas IV SDLB Putra Jaya Malang. Subjek yang digunakansebanyak 5 siswadaripopulasiseluruhsiswakelas IV.Teknikpengambilansampel yang digunakandalampenelitianiniadalahtekniksamplingjenuh.alatukur yang digunakanyaitutesmatematikadenganspesifikasimengurutkanangka, menjumlahkandanmengenalbangundatar. Penelitianinimenggunakandesainpenelitianpretest-posttest design.Dimanapenelitianinihanyamenggunakansatukelompokeksperimen.Analisis instrument yang digunakanyaituvaliditasisidanujireliabilitasaitemmenggunakanAlphaCronbach0.68. Analisis data untukmenggambarkanperbedaanskorpretesdan posttest adalahdenganuji formula Wilcoxon Signed Rankdengantarafsignifikansi 0,05. UjiperbedaanpretestdanposstestmenggunakanW= 0,042 < 0.05; Signifikanmakahipotesaditerima.Karenaterdapatpeningkatanskorpadahasilpretest danposstest. Hal inimenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanpadakemampuanmatematika yang dimilikiolehanaktunagrahitakelas IVdenganmenggunakan media numetri puzzle. Berdasarkanpenelitiantersebutdisarankanpada guru untukmenggunakanmedia permainannumetri puzzleinikarenacukupmemberikansumbangsihuntukbelajarmaterimatematika. Selainitu,anakdapatmenggunakannyauntukbelajaroperasibilangandanbangundatarsecaralebihmandiridanmenyenangkan.Bagipenelitiselanjutnyapenelitianpengaruh media numetri puzzlemasihmemerlukanpenelitianlebihmendalamdenganmenambahsubjekpenelitiankarenajumlahsubjeksangatmempengaruhikeberhasilanpenelitian..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56026

Actions (login required)

View Item View Item