Pengaruh menia numetri puzzle untuk meningkatkan kemampuan matematika anak tuna grahita kelas IV Sekolah Luar Biasa Putra Jaya Malang / Endra Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh menia numetri puzzle untuk meningkatkan kemampuan matematika anak tuna grahita kelas IV Sekolah Luar Biasa Putra Jaya Malang / Endra Puspita Sari

Sari, Endra Puspita (2015) Pengaruh menia numetri puzzle untuk meningkatkan kemampuan matematika anak tuna grahita kelas IV Sekolah Luar Biasa Putra Jaya Malang / Endra Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari EndraPuspita. 2015. Pengaruh media numetri puzzle untukmeningkatkankemampuanmatematikaanaktunagrahitakelas IV di SekolahDasarLuarBiasa Putra Jaya Malang. Skripsi JurusanPsikologiFPPsiUniversitasNegeri Malang.DosenPembimbing (I) Dra. Sri WeniUtamiM.Si (II) NinikSetiyowatiS.Psi M.Psi Kata Kunci media numetri puzzle kemampuanmatematika anaktunagrahitakelas IV Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui media numetri puzzledapatmempengaruhikemampuanmatematikaanaktunagrahitakelas IV SDLB Putra Jaya Malang. Subjek yang digunakansebanyak 5 siswadaripopulasiseluruhsiswakelas IV.Teknikpengambilansampel yang digunakandalampenelitianiniadalahtekniksamplingjenuh.alatukur yang digunakanyaitutesmatematikadenganspesifikasimengurutkanangka menjumlahkandanmengenalbangundatar. Penelitianinimenggunakandesainpenelitianpretest-posttest design.Dimanapenelitianinihanyamenggunakansatukelompokeksperimen.Analisis instrument yang digunakanyaituvaliditasisidanujireliabilitasaitemmenggunakanAlphaCronbach0.68. Analisis data untukmenggambarkanperbedaanskorpretesdan posttest adalahdenganuji formula Wilcoxon Signed Rankdengantarafsignifikansi 0 05. UjiperbedaanpretestdanposstestmenggunakanW 0 042 0.05 Signifikanmakahipotesaditerima.Karenaterdapatpeningkatanskorpadahasilpretest danposstest. Hal inimenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanpadakemampuanmatematika yang dimilikiolehanaktunagrahitakelas IVdenganmenggunakan media numetri puzzle. Berdasarkanpenelitiantersebutdisarankanpada guru untukmenggunakanmedia permainannumetri puzzleinikarenacukupmemberikansumbangsihuntukbelajarmaterimatematika. Selainitu anakdapatmenggunakannyauntukbelajaroperasibilangandanbangundatarsecaralebihmandiridanmenyenangkan.Bagipenelitiselanjutnyapenelitianpengaruh media numetri puzzlemasihmemerlukanpenelitianlebihmendalamdenganmenambahsubjekpenelitiankarenajumlahsubjeksangatmempengaruhikeberhasilanpenelitian..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56026

Actions (login required)

View Item View Item