Hubungan konformitas dengan motivasi berprestasi remaja anggota Geng Motor anak sekolah di Kota Mojokerto / Fenty Dwi Septianingrum

Septianingrum, Fenty Dwi (2015) Hubungan konformitas dengan motivasi berprestasi remaja anggota Geng Motor anak sekolah di Kota Mojokerto / Fenty Dwi Septianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septianingrum, Fenty Dwi. 2015. Hubungan Konformitas dengan Motivasi Berprestasi Remaja Anggota Geng Motor Anak Sekolah di Kota Mojokerto. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudjiono, S.Pd., M.Si, (II) Drs. Mohomammad Bisri M.Si. Kata kunci: konformitas, motivasi berprestasi, remaja anggota geng motor Masa remaja adalah sebagai masa transisi atau masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Remaja harus memiliki tanggung jawab untuk masa depannya. Remaja sebagai pelajar berkewajiban untuk menuntut ilmu dan harus mempunyai motivasi berprestasi di sekolah. Motivasi berprestasi adalah keinginan individu untuk mencapai kesuksesan dengan usaha dan kemampuan yang dimiliki. Remaja sering berkumpul dengan teman sebayanya dan berkonformitas. Konformitas adalah perubahan persepsi, keyakinan dan perilaku individu menyesuaikan diri dengan kelompok dan mengikuti peraturan dalam kelompok tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat (a) konformitas remaja anggota geng motor di kota Mojokerto, (b) Motivasi berprestasi remaja anggota geng motor di kota Mojokerto, (c) Hubungan antara konformitas dan motivasi berprestasi remaja anggota geng motor di kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasonal.Pengambilan data penelitian menggunakan skala Likert untuk mengukur konformitas dan motivasi berprestasi. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja anggota geng motor di Mojokerto yang mempunyai karakteristik (a) jenis kelamin laki-laki, (b) usia 15-18 tahun, (b) masih bersekolah Sampel dalam penelitian berjumlah 60. Untuk mengukur validitas menggunakan rumus product moment, dan untuk mengukur reliabilitas menggunakan cronbach alpha hasilnya skala konformitas yaitu 0,743 dan tingkat skala motivasi berprestasi yaitu 0,742. Untuk uji korelasional menggunakan rumus product moment jika p<0,05 hipotesis diterima. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Tingkat motivasi berprestasi remaja anggota geng motor di kota Mojokerto berada dalam kategori tinggi (2) tingkat konformitas remaja anggota geng motor di kota Mojokerto berada dalam kategori tinggi (3) ada hubungan positif konformitas dengan motivasi berprestasi remaja anggota geng motor di Mojokerto. Saran yang dapat diberikan adalah (1) lembaga sosial untuk mendatangkan psikolog untuk memberikan pengarahan geng motor untuk mengarah ke hal yang positif, (2) remaja yang mempunyai konformitas tinggi agar memotivasi anggota baru untuk memberikan dampak positif untuk geng dan masyarakat, (3) orang tua untuk memperhatikan pergaulan anaknya di lingkungan rumah maupun sekolah, (4) guru BK agar mengarahkan siswanya untuk mementingkan prestasi di sekolah dan memiliki kontrol baik dalam bergaul dengan teman sebaya, (5) peneliti selanjutnya melakukan tindak lanjut dalam hal pengembangan alat ukur, variabel, dan populasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56023

Actions (login required)

View Item View Item