Hubungan antara tipe-tipe kepribadian big five dengan empati pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang / Junita Risa Megawati

Megawati, Junita Risa (2015) Hubungan antara tipe-tipe kepribadian big five dengan empati pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang / Junita Risa Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Megawati, Junita Risa. 2015. Hubungan antara tipe-tipe Kepribadian Big Five dengan Empati Pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si. (2) Gamma Rahmita U.H, M.Psi. Kata kunci : empati, big five, lembaga pemasyarakatan Empati adalah kemampuan seseorang untuk memahami bagaimana perasaan orang lain, mampu memahami perspektif orang lain, menumbuhkan hubungan saling percaya dan menyelaraskan diri dengan berbagai macam orang. Kepribadian seseorang akan mempengaruhi bagaimana ia berempati kepada orang lain. Kepribadian big five adalah suatu pendekatan yang digunakan untuk menggambarkan kepribadian seseorang ke dalam lima trait kepribadian, lima trait tersebut terdiri dari extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan penelitian deskriptif korelasional. Delapan puluh tiga Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang menjadi subjek dalam penelitian ini. Kepribadian diukur menggunakan Big Five Inventory (BFI) (reliabilitas = 0,844) dan empati diukur dengan menggunakan skala empati yang dibuat sendiri oleh peneliti (reliabilitas = 0,879). Sebaran data dalam penelitian ini berdistribusi normal dengan p = 0,378 untuk variabel kepribadian big five dan p = 0,430 untuk variabel empati. Kedua variabel memiliki linieritas sebesar p = 0,008. Korelasi parsial digunakan dalam melakukan analisis pada penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan, dari ke lima trait pada big five hanya satu trait yang memiliki hubungan yang positif dan signifikan, yaitu hubungan antara openness dengan empati Pegawai Lapas Klas 1 Malang dengan r= 0.213 atau (p<0,05). Sementara itu, tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara extraversion, agreeableness, conscientiousness, dan neuroticism dengan empati Pegawai Lapas Klas 1 Malang. Pegawai Lapas Klas 1 Malang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan empati dengan baik. Karena dengan memiliki empati dengan baik akan memudahkan dalam bekerja terutama pekerjaan yang berkecimpung di ranah sosial. Dengan berempati, individu akan mampu memahami dan mengerti apa yang dialami oleh individu lain. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memberikan variasi hasil yang lebih kompleks lagi mengenai kepribadian big five dan empati. Mungkin dapat mengembangkan penelitian ini dengan metode penelitian lainnya, seperti metode kualitatif atau eksperimen sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik lagi, serta memperluas aspek-aspek ataupun dimensi dari empati. Dan diharapkan mampu untuk memperluas populasi dan jumlah sampel agar didapatkan hasil generalisasi yang luas dan kemungkinan hasil yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56015

Actions (login required)

View Item View Item