Efektivitas metode pembelajaran active learning teknik Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP LPPU&K Lawang / Melvil Hikmatul Arima

Arima, Melvil Hikmatul (2015) Efektivitas metode pembelajaran active learning teknik Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP LPPU&K Lawang / Melvil Hikmatul Arima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arima, Melvil Hikmatul. 2015. Efektivitas Metode Pembelajaran Active Learning Teknik Project Base Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII Di SMP LPPU&K Lawang.Skripsi,Jurusan Psikologi,Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra.Hj. Sri Weni Utami M.Si, (II) Pravissi Shanti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci :metode active learning, project-based learning,motivasi belajar Motivasi belajar merupakan dorongan baik dari dalam diri maupun dari luar memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai, akan tetapi tidak semua siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, hal ini terjadi di SMP LPPU&K Lawang. Siswa di SMP ini memiliki motivasi belajar yang rendah, para guru telah berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa akan tetapi hasil yang didapatkan tidak ada. Untuk itu, peneliti ingin meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP LPPU&K Lawang dengan memberikan metode pembelajaran Active Learning kepada siswa. Metode active learning dengan teknik project-based learning untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa indonesia adalah pemberian materi Bahasa Indonesia untuk siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan teknik project-based learning untuk melihat peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas metode active learning teknik project-based learning dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP LPPU&K Lawang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan Skala MBBI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah modul pembelajaran dan skala MBBI. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di SMP LPPU&K Lawang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi deskriptif dan uji hipotesis menggunakan formula Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penghitungan uji hipotesis diketahui bahwa nilai Z = -3.518 dengan tingat signifikansi sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Active Learning teknik Project Base Learning (PjBL) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII Di SMP LPPU&K Lawang. Peningkatan Motivasi Belajar ini disesbabkan karena Subjek diajak untuk mengikuti proses belajar mengajar yang tidak monoton dan dalam Project-Based Learning subjek memusatkan diri terhadap adanya masalah yang mampu memotivasi serta mendorong subjek mengguanakan konsep-konsep dan prinsip-prinsip pokok pengetahuan yang telah mereka terima secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56014

Actions (login required)

View Item View Item