Penelitian fenomenologi kecemasan terhadap hubungan seksual pada ibu hamil primigravida / Niko Fulung - Repositori Universitas Negeri Malang

Penelitian fenomenologi kecemasan terhadap hubungan seksual pada ibu hamil primigravida / Niko Fulung

Fulung, Niko (2015) Penelitian fenomenologi kecemasan terhadap hubungan seksual pada ibu hamil primigravida / Niko Fulung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecemasan adalah suatu keadaan emosional yang menekan individu berupa ketakutan ataupun kekhawatiran dan terjadi pada waktu tertentu baik pengaruh dari luar maupun dalam diri manusia. Salah satu masalah yang sering muncul adalah beberapa pasangan mengkhawatirkan kegiatan hubungan seksual mereka selama kehamilan. Mereka merasa takut bahwa hubungan seksual akan mengganggu pertumbuhan si cabang bayi. Kehamilan yang pertama merupakan hal yang penting bagi wanita adapun istilah yang digunakan untuk wanita yang hamil pertama kali disebut primigravida. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Peneliti mengggunakan metode pengambilan data wawancara mendalam kuisioner terbuka dan skala kecemasan HARS (Hamilton Rating Scale) kemudian dilakukan pengkodingan pada hasil wawancara sehingga setiap hasil wawancara berbentuk transkip (verbatim) serta analisis data menggunakan analisis teori yang menghubungkan hasil data penelitian dengan teori yang telah ada. Subjek pada penelitian ini yaitu tiga orang ibu hamil primigravida. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat kecemasan pada ibu hamil primigravida meliputi reaksi emosional reaksi kognitif dan reaksi fisiologis. Reaksi emosional meliputi perasaan cemas kegelisahan perasaan mudah tersinggung dan mencela diri sendiri. Reaksi kognitif meliputi penurunan daya ingat kesulitan berkonsentrasi mudah lupa dan pemikiran dalam menghadapi masalah. Reaksi fisiologis meliputi nyeri otot denyut nadi kondisi pernapasan dan penglihatan kabur. Tingkat kecemasan yang dialami ketiga subjek yaitu bervariasi pada subjek YW dan subjek PK merasakan reaksi emosional reaksi kognitif dan reaksi fisiologis sedangkan pada subjek NM hanya pada reaksi emosional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56009

Actions (login required)

View Item View Item