Korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VII pada pembelajaran materi power point bidang studi komputer semester II tahun ajaran 2007/2008 di SLTP Negeri 2 Kediri / Tri Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VII pada pembelajaran materi power point bidang studi komputer semester II tahun ajaran 2007/2008 di SLTP Negeri 2 Kediri / Tri Agustina

Agustina, Tri (2009) Korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VII pada pembelajaran materi power point bidang studi komputer semester II tahun ajaran 2007/2008 di SLTP Negeri 2 Kediri / Tri Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Korelasi adalah hubungan antara dua variabel atau lebih. Dua variabel yang terdapat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan prestasi belajar yang diperoleh berdasarkan tes hasil belajar. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang ada pada diri individu terhadap proses belajar yang dapat menyebabkan perubahan tingkat prestasi belajar karena motivasi belajar merupakan salah satu diantara faktor penunjang keberhasilan belajar. Terdapat dua faktor motivasi belajar yaitu faktor dari dalam (intrinsik) dan faktor dari luar (ekstrinsik). Motivasi intrinsik merupakan dorongan atau keinginan bertindak yang disebabkan oleh faktor pendukung dari dalam diri siswa-siswi SLTP Negeri 2 Kediri. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi siswa-siswi SLTP Negeri 2 Kediri yang keberadaannya karena pengaruh rangsangan dari luar atau orang lain. Motivasi belajar yang tinggi akan dapat meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik yang diperoleh oleh siswa. Siswa yang mempunyai motivasi belajar akan bertindak dan menggunakan seluruh kemampuan yang ada pada dirinya untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan korelasi antara motivasi intrinsik belajar siswa dengan prestasi belajar pada bidang studi komputer kelas VII SLTP Negeri 2 Kediri (2) mendeskripsikan korelasi antara motivasi ekstrinsik belajar siswa dengan prestasi belajar pada bidang studi komputer kelas VII SLTP Negeri 2 Kediri dan (3) mendeskripsikan korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar pada bidang studi komputer kelas VII SLTP Negeri 2 Kediri. Untuk mencapai tujuan penelitian rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar pada bidang studi komputer kelas VII SLTP Negeri 2 Kediri. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SLTP Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 42 orang. Adapun rincian jumlah subyek penelitian adalah 20 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup dan tes hasil belajar pada bidang studi komputer. Analisis data yang digunakan adalah persentase dan korelasi Product Moment Pearson yang dioperasikan dengan progam SPSS 12.0 for Windows sesuai dengan jenis data yang dianalisis yaitu interval-interval. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terdapat korelasi positif yang signifikan antara motivasi intrinsik belajar siswa dengan prestasi belajar pada bidang studi komputer kelas VII di SLTP Negeri 2 Kediri. Hal ini terbukti dari perhitungan analisis korelasi menunjukkan angka sebesar 0 513 lebih besar jika dibandingkan dengan r tabel yaitu 0 304 pada taraf signifikan 5% (2) terdapat korelasi positif yang signifikan antara motivasi ekstrinsik belajar siswa dengan prestasi belajar pada bidang studi komputer kelas VII di SLTP Negeri 2 Kediri. Hal ini terbukti dari perhitungan analisis korelasi menunjukkan angka sebesar 0 649 lebih besar jika dibandingkan dengan r tabel yaitu 0 304 pada taraf signifikan 5% (3) terdapat korelasi positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar pada bidang studi komputer kelas VII di SLTP Negeri 2 Kediri. Hal ini terbukti dari perhitungan analisis korelasi menunjukkan angka sebesar 0 650 lebih besar jika dibandingkan dengan r tabel yaitu 0 304 pada taraf signifikan 5%. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara sub-sub variabel motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VII SLTP Negeri 2 Kediri pada bidang studi komputer semester II Tahun Ajaran 2007/2008. Secara keseluruhan penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VII pada pembelajaran materi power point pada bidang studi komputer semester II tahun ajaran 2007/2008 di SLTP Negeri 2 kediri. Semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar yang akan diperolehnya. Berdasarkan temuan penelitian peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) orang tua hendaknya terus menjadi motivator bagi anak-anaknya untuk mendorong prestasi belajarnya agar dapat memperoleh hasil yang maksimal (2) siswa hendaknya lebih meningkatkan motivasi belajar terutama motivasi intrinsik karena dari dalam diri individu untuk melakukan sesuatu dalam kegiatan belajar disekolah (3) guru sebagai pemegang peranan penting dalam pendidikan dan pengajaran dapat meningkatkan ketrampilan mengajarnya dalam proses belajar mengajar dikelas yang memungkinkan siswa termotivasi untuk belajar dan (4) peneliti selanjutnya hendaknya mengadakan penelitian lanjutan yang terkait menganalisa korelasi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item