Hubungan konsep diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas V dan VI SDN Tenggarang I Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso <BR>oleh Evy Yulistiowati Pramono - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan konsep diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas V dan VI SDN Tenggarang I Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso <BR>oleh Evy Yulistiowati Pramono

Pramono, Evy Yulistiowati (2000) Hubungan konsep diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas V dan VI SDN Tenggarang I Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso <BR>oleh Evy Yulistiowati Pramono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

salah satud imensi tugasp erkembangana nak adalahp erkembangans osial yangm engalamki emajuanp esats aata nakm engalamui sias ekolah( 6-12t ahun).u sia sekolah-dasa(dr isebutj uga usia berkelompok)m emegangp erananp entingb agr perkembangakne pribadians eseorangk arenap adau sia inilah dasar-dasar kepribadiana nakm ulai terbentuk t erutamab erkaitand enganp erkembangans osial. . Konsepd iri merupakanp roduks osialh asili nteraksia nakd engan linglaingannyak arenas emakinb erkembanga nakm aka semakinm anipup ula anak mengatas]iin gkungannyaN. amuns ementaraan akm engetahulii ngkungannyad i apun harus terlebih dahulu mengetahui siapa dirinya. Kemampuan anak-menlembangkan sglfnya menjadib ekal bagi anak untuk dapatm enyesuaikand iri dengan lingkungarmyaK. emampuana nakm enyesuaikand iri denganl ingkun-gannydai sebut penyesuaiasno sial.P entingnyak eduaa speki ni bagi perkembangana nak usia sekolah pgndasari tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) deskripJi konsep diri siswa kglasV danv I SD Negerir enggarangI (2) deskripspi enyesuiians osials iswak elas v danvl SDNegeri TenggarangI dan (3) hubungany ang sigmfikan antarak onsep diri denganp enyesuaiasno sials iswak elasv danv l sD NegJrir enggarangI . Populaspi enelitianin i adalahs iswak elasv danv I sD Negerirenggarangl. Penelitiani ni menggunakans eluruhs ampel( sampelt otal) dan instrumeny ang digunakand alamm enjaringd ata adalaha ngket.A nalisis hasil penelitian menggunakatne knik analisisp ersentas u ntuk tujuan satu dan dua sementaratu juan trgam enggunakanru musp ro duct moment. Hasil penelitianm engenadi eskripsik onsepd iri yaitu siswak elasv sebagian besar( 64%) berkonsepd iri positif dan hanyas ebagiank ecil (36%) sisway ang berkonsedpi ri negatif.S iswak elasv I sebagianb esar( 72 5ohm) emiliki kons-pd iri positif dan sedikit sekal i (27%) siswa yang memiliki konsef diri negatif. Keseluruhan siswak elasv danv I sD Negerir enggarangI yangm emiliki konsepd iri positif adalahs ebagianb esar( 68%) dan hanyas ebagiank ecil (32o/os) isway angb erkonsep diri negatif.D eskripsip enyesuaiasno sialk elasv adalahs ebagianb esai176% s iswa memilikip enyesuaiasno sialb aik dan sedikits ekali( 24%)s isway angp enyesuaian sosialnykau rangb aik. Sebagianb esar( 72 5o/os)i swak elasv I memiliki penyesuaian sosiabl aik danh anyas ebagiank ecil( 2 o/o)sisway angp enyesuaiasno sialnyak urang baik.D eskripsik eseluruhans iswak elas V dan Vl SD Negeri TenggarangI menunjukkabna hwas ebagianb esar( 74%) sisway angm emiliki penyesuaiasno sial baikd ans edikits ekali( 26%) sisway angp enyesuaiasno sialnyak urangb aik. Korelasi koefisiana ntarak onsepd iri danp enyesuaiasno siala dalah0 805y angb erpedoman padar tabelproduclm omendt enganta raf kepercayaan9Y5 o.D engand emikiand apat disimpulkabna hwaa dah ubungany angp ositif dans ignifikana ntarak onsepd iri dengapne rlyesuaiasno sials iswak elasV danM SD NegeriT enggaranIg. Saran-sarayna ng dapatp e neliti sampaikans ehubungand enganh asil penelitiany aitu bagio rangt ua hendaknyam enghargaai nak sebagapi ribadi yang unik dan utuh menerimak elebihand an kekurangana nak sertas ertas elalum eningkatkanh argad iri anak( misalkanm emuji anak m enghargahi asil keda anak) agara nakm enjadi percayad iri dengans egalap otensinya H asil penelitian ini menunjukkanb ahwa kepercayaatne rhadapd iri sendiri menumbuhkank onsepd iri yang positifpada anak yangm erupakanm odal awal anakd alam menyesuaikand iri denganl ingkungan sosialnyaB. agi guru kelas hendaknyad alam mengajars elaum engingatkans iswa akank emampuand irinya s ehinggatu mbuhk onsepd iri yangp ositif padas iswa karenad alamp enelitiani ni masih ada sisway ang memiliki konsepd iri yang negatif. Gurus ebagadi alah satus rgni ficant otherbagi siswaa kan sangatb erp-errgarubha gi anakd alamm engembangkadni rinya terutamam enyangkutk emampuana nakd alam menyesuaikadni ri denganl ingkungans osialnya.B agi peneliti lanjutanh endaknya dalamm engadakanp enelitianm enggunakana lat penjaringd atay ang lebih beragam misalkano bservasi w awancarac atatana nekdot d an lain sebagainyaH. al ini memungftinkand atay ang yang terkumpul lebih akuratd aripadap enelitiani ni yang hanyam enggunakasna tui ntrulren (angket)s aja. vlll

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2000 04:29
Last Modified: 09 Sep 2000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55999

Actions (login required)

View Item View Item