Pembelajaran ilmu sosial melalui program kejar paket C bagi narapidana di Lapas Klas I Malang / Titik Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran ilmu sosial melalui program kejar paket C bagi narapidana di Lapas Klas I Malang / Titik Wijayanti

Wijayanti, Titik (2019) Pembelajaran ilmu sosial melalui program kejar paket C bagi narapidana di Lapas Klas I Malang / Titik Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wijayanti Titik. 2019. Pembelajaran Ilmu Sosial melalui Program Kejar Paket C bagi Narapidana di Lapas Klas I Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D. (II) Agus Purnomo M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Ilmu Sosial Kejar Paket C Narapidana Lapas Klas I Malang merupakan tempat untuk melakukan pembinaan kepada narapidana salah satunya melalui program Kejar Paket C. Program Kejar Paket C bertujuan memberikan hak pendidikan dan bekal kepada narapidana untuk kembali ke dalam lingkungan masyarakat. Salah satu pembelajaran dalam program Kejar Paket C adalah Ilmu Sosial. Berdasarkan pemaparan tersebut fokus penelitian dalam penelitian ini (1) Bagaimana karakteristik narapidana yang mengikuti pembelajaran Ilmu Sosial melalui program Kejar Paket C di Lapas Klas I Malang (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Ilmu Sosial melalui program Kejar Paket C bagi narapidana di Lapas Klas I Malang (3) Apa saja motivasi narapidana dalam mengikuti pembelajaran Ilmu Sosial melalui program Kejar Paket C di Lapas Klas I Malang (4) Bagaimana harapan narapidana yang mengikuti pembelajaran Ilmu Sosial melalui program Kejar Paket C setelah bebas dari Lapas Klas I Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap persiapan pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian mengenai pembelajaran Ilmu Sosial melalui program Kejar Paket C bagi narapidana di Lapas Klas I Malang (1) karakteristik narapidana yang mengikuti pembelajaran Ilmu Sosial berusia di atas 18 tahun mayoritas belum menikah pendidikan terakhir SMP berasal dari Malang dan Surabaya. Tindak pidana yang dilakukan adalah narkotika dengan lama pidana 5 tahun. Faktor lingkungan menjadi penyebab para narapidana melakukan tindak pidana. (2) Pembelajaran Ilmu Sosial melalui program Kejar Paket C sudah ada sejak tahun 2008 dan dilaksanakan pada Hari Senin-Kamis mulai pukul 08.00-10.00 WIB. Tutor menggunakan model pembelajaran ceramah dan latihan soal. Pihak lapas bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Komunitas Gemapedia (Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan) untuk membantu pelaksanaan pembelajaran Ilmu Sosial melalui program Kejar Paket C. Pembelajaran Ilmu Sosial melalui program Kejar Paket C masih memiliki kendala seperti terbatasnya jumlah buku paket terbatasnya jumlah tutor dan ruangan kelas. (3) Motivasi belajar para narapidana terdiri atas motivasi intrinsik dan ekstrinsik. (4) Harapan narapidana setelah bebas ingin melanjutkan pendidikan memperoleh pekerjaan atau berwirausaha serta menikah untuk melanjutkan kehidupan. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti tentang Peran dari Komunitas Gemapedia dalam meningkatkan motivasi belajar para narapidana dalam mengikuti pembelajaran Ilmu Sosial di Lapas Klas I Malang. v

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55985

Actions (login required)

View Item View Item