Perubahan sosial masyarakat di kawasan wisata Kampoeng Anggrek Dusun Sumberpetung Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri / Oky Waldiana Ginda Wira Kusulisa

Kusulisa, Oky Waldiana Ginda Wira (2019) Perubahan sosial masyarakat di kawasan wisata Kampoeng Anggrek Dusun Sumberpetung Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri / Oky Waldiana Ginda Wira Kusulisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kusulisa, Oky Waldiana Ginda Wira. 2018. Perubahan Sosial Masyarakat di Kawasan Wisata Kampoeng Anggrek Dusun Sumberpetung Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Siti Malikhah Towaf, M.A (2) Agus Purnomo, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Pariwisata, Wisata Kampoeng Anggrek, Perubahan Sosial Pariwisata di Indonesia terus mengalami perkembangan. Seperti yang telah diketahui, pariwisata merupakan bagian dari sektor industri di Indonesia yang prospeknya cerah, dan mempunyai potensi serta peluang besar untuk dikembangkan. Wisata Kampoeng Anggrek didirikan mempunyai alasan untuk pembudidayaan tanaman anggrek dan merubah kehidupan masyarakat lebih maju lagi. Hal ini terjadi pada masyarakat di Dusun Sumberpetung Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri yang telah mengalami perubahan sosial setelah adanya wisata Kampoeng Anggrek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana wisata Kampoeng Anggrek Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana perubahan sosial masyarakat di kawasan Wisata Kampoeng Anggrek Dusun Sumberpetung Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri? (3) Bagaimana pola interaksi masyarakatDusun Sumberpetung Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri di kawasanWisata Kampoeng Anggrek? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi tiga tahap, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pelaporan. Hasil penelitian mengenai perubahan sosial masyarakat di kawasan wisata Kampoeng Anggrek Dusun Sumberpetung Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri: (1) awal mulanya didirikan wisata Kampoeng Anggrek bertujuan untuk pembudidayaan tanaman anggrek dan merubah kehidupan masyarakat lebih maju lagi. (2) interaksi masyarakat yang berada di area wisata kini sudah mulai berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya, baik dengan pengelola wisata Kampoeng Anggrek dan wisatawan yang datang berkunjung.(3) perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat sekitar terbukti dengan pergeseran mata pencaharian, pola hidup dan status sosial mereka pun juga berubah menjadi lebih maju dari sebelumnya. Saran peneliti untuk peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan prespektif yang berbeda seperti lingkungan hidupnya di kawasan wisata Kampoeng Anggrek terhadap kehidupan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55981

Actions (login required)

View Item View Item