Konstruksi sosial pembentukan karakter religius siswa melalui budaya sekolah di SMK Diponegoro Tumpang / Aries Wahyu Lestari

Lestari, Aries Wahyu (2018) Konstruksi sosial pembentukan karakter religius siswa melalui budaya sekolah di SMK Diponegoro Tumpang / Aries Wahyu Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Lestari Aries Wahyu. 2018. Konstruksi Sosial Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Budaya Sekolah di SMK Diponegoro Tumpang. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dra. Hj. Siti Malikah Towaf M.A Ph.D. (2) Dr. Sukamto M.Pd. M.Si. Kata Kunci Konstruksi Sosial Karakter Religius Budaya Sekolah Arus globalisasi dan informasi yang ada di tengah masyarakat saat ini telah merubah dunia menjadi semakin berkembang. Pandangan dan pola pikir masyarakat di barat sangat erat hubungannya dengan perkembangan masyarakat di Indonesia namun nilai-nilai dan pandangan hidup di Indonesia dan di barat tidak sama sehingga pancaran dan pengamalannya dalam hidup pun tidak sama. Hal tersebut menjadi salah satu alasan SMK Diponegoro tumpang melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan untuk membentuk karakter religius siswa. Fokus penelitian berdasarkan latar belakang yang sudah dijelaskan ada 4 yaitu konstruksi sosial guru dan kepala sekolah tentang pemahaman pendidikan karakter religius proses pembentukan karakter religius siswa melalui budaya sekolah di SMK Diponegoro Tumpang kendala yang dialami dalam pembentukan karakter religius siswa di SMK Diponegoro Tumpang dan hasil pembentukan karakter siswa melalui budaya sekolah dilihat dari perilaku siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di SMK Diponegoro Tumpang Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan dan meningkatkan ketekunan sehingga kredibilitas data dapat terjamin. Hasil yang didapatkan dari penelitian yaitu karakter religius merupakan kepribadian atau watak seseorang yang sadar untuk mempelajari ilmu agama serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembentukan karakter religius siswa melalui penerapan budaya sekolah yang religius islami terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan sifatnya yaitu pembiasaan dan keteladanan. Pembiasaan berupa kegiatan-kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan di sekolah. Keteladanan berupa perilaku dan kegiatan positif guru yang dapat ditiru oleh siswa. Kendala dalam pembentukan karakter religius yaitu siswa baru yang kurang bersemangat dan perubahan sikap setelah melaksanakan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri). Kepala sekolah dan guru menganggap bahwa pembentukan karakter religius melalui budaya sekolah sudah efektif dan mencapai hasil yang diharapkan meskipun tidak sepenuhnya berhasil. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji mengenai pembentukan karakter religius di SMK Diponegoro Tumpang dalam perspektif yang berbeda yaitu interaksionalisme simbolik. Dapat juga membahas pembentukan karakter religius siswa terkait dengan sarana dan prasarana sekolah dan tanggapan masyarakat mengenai eksistensi SMK Diponegoro Tumpang dengan religiusitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55977

Actions (login required)

View Item View Item