Perubahan sosial ekonomi pekerja sentra industri batik di Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang / Rudi Firmansyah

Firmansyah, Rudi (2018) Perubahan sosial ekonomi pekerja sentra industri batik di Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang / Rudi Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Firmansyah, Rudi. 2018. Perubahan Sosial Ekonomi Pekerja Sentra Industri Batik di Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Program Stusdi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (1) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant, M.A, (2) Agus Purnomo, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: IKM, Perubahan Sosial Ekonomi, Sentra industri batik Keberadaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) merupakan sebuah peluang bagi masyarakat untuk dapat berpartisipasi didalamnya. Sehingga akan berpotensi pada perubahan sosial ekonomi yang dapat dilakukan oleh masyarakat tersebut. Salah satu IKM yang dapat mengakibatkan masyarakat melakukan perubahan sosial ekonomi adalah sentra industri batik di Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Sesuai pernyataan tersebut, peneliti akan melakukan penelitian dengan tujuan: (1) Mendeskripsikan sejarah sentra industri batik di Desa Kunir Kidul, (2) Mendeskripsikan manfaat ekonomi sentra industri batik di Desa Kunir Kidul bagi pekerja, dan (3) Mendeskripsikan perubahan sosial ekonomi masyarakat pekerja sentra industri batik di Desa Kunir Kidul. Untuk mencapai penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Pemilihan lokasi berada di Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang yang terdapat sentra industri batik. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis data menggunakan Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi / menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejarah sentra industri batik di Desa Kunir Kidul berawal dari pelatihan membatik kepada masyarakat oleh pelopor usaha batik. Melalui pelatihan membatik tersebut, akhirnya sentra industri batik di Desa Kunir Kidul mulai didirikan tepatnya pada tanggal 6 september 1992 dan mengalami perkembangan yang sangat baik pada tahun 1994.Sentra industri batik memberikan manfaat bagi masyarakat pekerja.Pertama,terbukanya lapangan pekerjaan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pekerja. Kedua, sebagai alat bantu meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat pekerja. Perubahan sosial ekonomi masyarakat pekerja di sentra industri batik, Berdasarkan dampak sosialnya terjadi perubahan, yakni 1) hilangnya status sebagai pengangguran, 2) terjadinya perubahan mata pencaharian dan, 3) perubahan perilaku produktif oleh masyarakat pekerja wanita. Sedangkan dari segi ekonomi para pekerja telah mengalami peningkatan ekonomi. Saran yang diberikan ke masyarakat Desa Kunir Kidul diharapkan mampu untuk memanfaatkan peluang ekonomi sentra industri batik. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan melakukan kajian serupa tentang IKM yang memiliki andil dalam pertumbuhan ekonomi nasional, serta dampak perubahan sosial masyarakat pekerja dalam melakukan peningkatan ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55976

Actions (login required)

View Item View Item