Tindakan sosial komunitas This Is Arema sebagai bentuk restorasi stigma positif suporter di masyarakat / Wildan Su'aidi Kohardiansyah

Kohardiansyah, Wildan Su'aidi (2018) Tindakan sosial komunitas This Is Arema sebagai bentuk restorasi stigma positif suporter di masyarakat / Wildan Su'aidi Kohardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kohardiansyah, Wildan S. 2018. Tindakan Sosial Komunitas This Is Arema sebagai Bentuk Restorasi Suporter di Masyarakat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial,Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. I Nyoman Ruja, S.U, Pembimbing: (2) Agus Purnomo, M.Pd Kata Kunci: Tindakan Sosial, This Is Arema, Restorasi Kebanyakan masyarakat memandang kelompok suporter cenderung ke arah negatif mulai diantaranya kerusuhan dan perusakan yang dilakukan oleh sebagian oknum supporter. Namun siapa sangka suporter tidak hanya dilakukan didalam stadion saja, akan tetapi sangat banyak kegiatan diluar stadion yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Aremania sering melakukan tindakan sosial untuk membantu korban bencana alam, anak yatim piatu, dan gelandangan yang mereka lakukan tanpa memandang rival karena mereka lakukan semata mata kemanusiaan yang ada. Berdasarkan pemaparan data tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apa motivasi Komunitas This Is Arema melakukan tindakan sosial (2) apa manfaat tindakan sosial bagi Komunitas This Is Arema sendiri (3) apa manfaat tindakan sosial bagi masyarakat. Untuk mencapai penelitian tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di Jalan Gajayana Gang 1Dinoyo Kota Malang. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini yaitu informan pendukung dan informan kunci. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi Komunitas This Is Arema karena kebutuhan keberadaan yang meliputi menunjukkan bahwasannya suporter memiliki kegiatan positif. Kedua, motivasi Komunitas This Is Arema melakukan tindakan sosial karena kebutuhan berhubungan, meliputi rasa ingin berbagi dengan sesama atas dasar kepedulian dan rasa berbangsa serta bernegara. Ketiga, karena kebutuhan untuk berkembang yang meliputi ingin menghapuskan stigma negatif suporter sepak bola terhadap masyarakat. Manfaat sosial dari tindakan sosial yang mereka lakukan berupa kepuasan ketika melihat wajah gembira korban bencana alam yang mereka bantu, dapat menambah saudara dan dapat memperkenalkan Komunitas This Is Arema ke masyarakat luas, selain itu dengan adanya tindakan sosial, Komunitas This Is Arema dapat memperkuat solidaritas antar anggota mereka. Masyarakat mendapatkan manfaat ekonomi dan sosial. Manfaat ekonomi terdiri dari yaitu masyarakat terbantu dengan bantuan dana maupun sembako dari tindakan sosial yang dilakukan Komunitas This Is Arema. Manfaat sosial tindakan sosial yangyang dilakukan diantaranya masyarakat meresa senang dengan kegiatan tahunan salah satunya panggung hiburan Malangkucecwara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55975

Actions (login required)

View Item View Item