Perubahan sosial masyarakat Desa Karangwidoro Kecamatan Dau Kabupaten Malang pasca pembangunan perumahan / Abd. Haris - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan sosial masyarakat Desa Karangwidoro Kecamatan Dau Kabupaten Malang pasca pembangunan perumahan / Abd. Haris

Haris, Abd. (2018) Perubahan sosial masyarakat Desa Karangwidoro Kecamatan Dau Kabupaten Malang pasca pembangunan perumahan / Abd. Haris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Haris Abd. 2018. Perubahan Sosial Masyarakat Desa Karangwidoro Kecamatan Dau Kabupaten Malang pasca Pembangunan Perumahan. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nyoman Ruja S.U (II) Agus Purnomo M.Pd. Kata Kunci Perubahan Sosial Masyarakat Petani Pilihan Rasional Manusia sebagai makhluk sosial dalam perkembangannya senantiasa mengalami perubahan. Setiap manusia harus senantiasa mampu survive agar mampu bertahan hidup dari segala perubahan yang terjadi. Salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan sosial di masyarakat karena adanya perubahan lingkungan fisik yang berada di sekitar masyarakat tersebut. Desa Karangwidoro merupakan salah satu desa yang mengalami perubahan tersebut. Berdasarkan pemaparan tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik Desa Karangwidoro pasca pembangunan perumahan (2) Apa saja ragam tindakan rasional masyarakat Desa Karangwidoro pasca pembangunan perumahan (3) Apa ragam mata pencaharian masyarakat Desa Karangwidoro pasca pembangunan perumahan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data penyajian data reduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil (1) Karakteristik Desa Karangwidoro dari segi fisik mengalami perubahan yang signifikan kondisi fisik tersebut dari sebelumnya lahan pertanian menjadi pemukiman. Karateristik Desa Karangwidoro dari segi sosial tetap mempertahankan ciri desa dengan segala aktivitas sosial dan ritual yang tetap terjaga. (2) Tindakan rasional yang diambil masyarakat pemilik tanah adalah dengan memanfaatkan uang hasil berjualan tanah menjadi modal usaha sedangkan tindakan rasional masyarakat buruh tani dengan cara beradaptasi berupa melatih keterampilan di bidang lain. (3) Mata Pencaharian masyarakat Desa Karangwidoro yang sebelumnya di sektor pertanian saat ini berubah menjadi sektor non pertanian. Selain itu masyarakat juga memiliki mata pencaharian sampingan seperti hewan ternak. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan rujukan untuk progam studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial tentang kajian perubahan sosial. Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan kajian dengan perspektif yang berbeda yaitu tentang stratifikasi sosial antara penduduk perumahan dengan penduduk desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55972

Actions (login required)

View Item View Item