Pengelolaan objek wisata pertambangan minyak Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro / Ratna Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan objek wisata pertambangan minyak Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro / Ratna Damayanti

Damayanti, Ratna (2018) Pengelolaan objek wisata pertambangan minyak Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro / Ratna Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Damayanti Ratna. 2018. Pengelolaan Obyek Wisata Pertambangan Minyak Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. I Nyoman Ruja S.U Pembimbing (2) I Dewa Putu Eskasasnanda S.Ant M.A Kata Kunci Pertambangan Minyak dan Pariwisata Era globalisasi sekarang ini kemajuan bidang pariwisata sangat pesat hal tersebut didukung oleh perkembangan media sosial. Salah satu jenis pariwisata yang sedang berkembang yaitu pariwisata industri yang terdapat di Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Pariwisata ini berupa pertambangan minyak yang ditambang secara tradisional dan lebih dikenal dengan nama Teksas Wonocolo. Berdasarkan pemaparan data tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana latar belakang pertambangan minyak di Desa Wonocolo sebagai objek wisata (2) apa yang menjadi daya tarik objek wisata pertambangan minyak di Desa Wonocolo (3) bagaimana pengelolaan objek wisata pertambangan minyak di Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini yaitu informan pendukung dan informan kunci. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Milles dan Huberman. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber. Tahap-tahap dalam penelitian menggunakan tahap pra lapangan tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) alasan terbentuknya objek wisata Tekas Wonocolo dikarenakan kandungan minyak yang ada di Wonocolo semakin habis . (2) Objek wisata pertambangan minyak di Desa Wonocolo memiliki daya tarik wisata berupa pertambangan minyak yang ditambang secara tradisional dan sarana prasarana wisata (3) bentuk pengelolaan objek wisata pertambangan minyak di Desa Wonocolo berbasis korporat (campuran). (4) kendala-kendala dalam pengelolaan Teksas dikarenakan kurangnya kerjasama antara masyarakat Pertamina dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini membahas pengelolaan objek wisata pertambangan minyak maka peneliti menyarankan kepada selanjutnya untuk melakukan penelitian tentang strategi pengembangan objek wisata Teksas Wonocolo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55966

Actions (login required)

View Item View Item