Implementasi pendidikan ekonomi berwawasan lingkungan pada sekolah adiwiyata terhadap perilaku siswa di SMPN 2 Gurah Kediri / Syahrizal Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan ekonomi berwawasan lingkungan pada sekolah adiwiyata terhadap perilaku siswa di SMPN 2 Gurah Kediri / Syahrizal Arif

Arif, Syahrizal (2018) Implementasi pendidikan ekonomi berwawasan lingkungan pada sekolah adiwiyata terhadap perilaku siswa di SMPN 2 Gurah Kediri / Syahrizal Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arif Syahrizal. 2018. Implementasi Pendidikan Ekonomi Berwawasan Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata terhadap Perilaku Siswa di SMPN 2 Gurah Kediri. Skripsi. Jurusan Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D. (II) Agus Purnomo M.Pd. Kata Kunci Pendidikan Ekonomi Wawasan Lingkungan Perilaku Cinta Lingkungan Implementasi pendidikan ekonomi berwawasan lingkungan tidak hanya menekankan akan keseimbangan manusia dengan alam namun juga menanamkan perilaku positif untuk menghadapi permasalahan lingkungan. Adanya program adiwiyata dalam lingkungan sekolah SMPN 2 Gurah diketahui menjadi pendukung dalam menghasilkan siswa yang memiliki pemahaman tentang perlunya keseimbangan antara makhluk hidup dan lingkungan disertai peningkatan perilaku sikap dan nilai positif terhadap permasalahan lingkungan akibat dari kegiatan ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana program pendidikan Ekonomi Berwawasan Lingkungan di SMPN 2 Gurah (2) Bagaimana penerapan pendidikan kegiatan Ekonomi Berwawasan Lingkungan berbasis Adiwiyata di SMPN 2 Gurah (3) Bagaimana perubahan perilaku siswa setelah penerapan kegiatan pendidikan Ekonomi Berwawasan Lingkungan berbasis Adiwiyata di SMPN 2 Gurah (4) Apa pengaruh penerapan pendidikan berbasis Adiwiyata terhadap perubahan perilaku siswa di SMPN 2 Gurah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari kepala sekolah siswa pembina Adiwiyata dan guru Pendidikan Lingkungan Hidup serta data sekunder didapat dari buku adiwiyata majalah sekolah mading siswa yang ada di ruang adiwiyata serta karya-karya berupa tulisan yang berhubungan dengan program Adiwiyata. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi dalam kredibilitas. Tahap penelitian yang dilakukan adalah tahap persiapan tahap pelaksanaan tahap pelaporan. Hasil penelitian mengenai implementasi pendidikan ekonomi berwawasan lingkungan berbasis adiwiyata terhadap perilaku (1) Pelaksanaan program Adiwiyata SMP Negeri 2 Gurah mengembangkan program adiwiyata dan memasukan konsep lingkungan kedalam 5 Visi sekolah (2) terdapatnya 2 jam pelajaran khusus pembelajaran adiwiyata pada hari jumat mata pelajaran PLH berdirinya 21 Pokja serta fasilitas sekolah dengan konsep lingkungan yang terdapat di SMPN 2 Gurah (3) terjadi perubahan perilaku ramah lingkungan khususnya pada siswa kelas IX (4) menghasilkan perilaku interaksi aktif terhadap lingkungan sekitarnya sehingga menunjukan perubahan ramah lingkungan yang diadaptasi melalui pengetahuan.Penelitian ini terbatas pada jenjang SMP. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian menggunakan studi komparasi berdasarkan jenjang pendidikan formal yang mengusung program adiwiyata sehingga dihasilkan sebuah penelitian berdasarkan hasil keberlanjutan dari setiap jenjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55945

Actions (login required)

View Item View Item