Pengembangan media FF (flora dan fauna) box untuk materi IPS kelas VII di SMPN 1 Gondanglegi / Vina Mutammimatul Azizah

Azizah, Vina Mutammimatul (2018) Pengembangan media FF (flora dan fauna) box untuk materi IPS kelas VII di SMPN 1 Gondanglegi / Vina Mutammimatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azizah, Vina Mutammimatul. 2017. Pengembangan Media FF (Flora Fauna) Box untuk Materi IPS Kelas VII di SMPN 1 Gondanglegi. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf, M.A.,Ph.D, (II) Agus Purnomo, M.Pd. Kata Kunci: Media pembelajaran, Flora Fauna Box Flora Fauna Boxadalah suatu kit media pembelajaran IPS yang didalamnya terdapat berbagai model yang dapat membantu dalam pembelajaran IPS mengenai materipersebaran flora dan fauna di Indonesia. Flora Fauna Box adalah suatu kit (alat peraga) media pembelajaran yang di dalamnya terdapat beberapa model yang dapat di aplikasikan untuk membantu dalam pembelajaran materi IPS pada kelas VII, yakni persebaran flora dan fauna di Indonesia yang terdiri dari tiga tipe yaitu tipe Asiatis, Oriental, dan Australis.Penelitian ini peneliti memfokuskan pengembangan media pada materi IPS kelas VII KD 3.1 yaitu Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. Tema manusia, tempat, dan lingkungan dengan sub tema kondisi alam Indonesia, sub-sub tema flora dan fauna. Tujuan pada penelitian dan pengembangan ini adalahmengembangkan prototipe media Flora Fauna Box yang di dalamnya terdapat kumpulan model dalam materi IPS kelas VII sehingga dapat menjadikan pembelajaran IPS menjadi aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan serta mempermudah dalam memahami konsep-konsep dan mengabstrakkan materi persebaran flora fauna pada kelas VII Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan dari Borg & Gall yang memiliki 10 tahapan. Namun, pada penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap ke 7. Lokasi penelitian adalah SMPN 1 Gondanglegi. Data penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa nilai rentangan skala 1-4 yang diisikan pada lembar angket validasi oleh responden yaitu validator ahli materi, ahli media, praktisi pendidikan, dan peserta didik sebagai uji coba kelompok kecil. Data kualitatif berupa saran-saran atau komentar yang diisikan dalam lembar angket yang diberikan secara langsung kepada responden tersebut. Data yang diperoleh kemudian diproses atau dianalisis menggunakan rumus prosentase kevalidan. Data dan hasil analisis data yang diperoleh digunakan untuk merevisi atau memperbaki produk yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi dari tim ahli media FF Box memperoleh nilai sebesar 87,08% dari aspek materi yang berarti sangat layak untuk disebar luaskan dan 82% dari aspek media yang berarti sangat layak untuk disebar luaskan. Berdasarkan hasil pre-test ?¼dan post-test media FF Box dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 20,97%. Untuk peneliti lain yang akan melakukan penelitian dan pengembangan media FF Box lebih lanjut dapat mengembangkan model flora fauna yang lebih beragam, menyeluruh, dan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55937

Actions (login required)

View Item View Item