Konstruksi sosial komunitas punk dan perilaku remaja di Desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Lutfi Efendi

Efendi, Lutfi (2018) Konstruksi sosial komunitas punk dan perilaku remaja di Desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Lutfi Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Efendi, Lutfi. 2018. Konstruksi Sosial Komunitas Punk dan Perilaku Remaja di Desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sukamto M.Pd, M.Si, (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A. Kata Kunci: konstruksi sosial, komunitas Punk, perilaku remaja Remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Mereka bukan lagi anak-anak tetapi juga belum dapat dikatakan dewasa. Pada masa remaja ini, mereka banyak mengalami kegelisahan, kegoncangan dan pertarungan identitas. Remaja memiliki rasa keingingin tahuan yang tinggi terhadap apa yang mereka lihat dan tertarik untuk mengikutinya. Salah satunya adalah mengikuti komunitas Punk karena tertarik dengan penampilan, musik dan kebebasan yang ditawarkan komunitas tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakteristik remaja yang mengikuti komunitas Punk di Desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang; (2) Ideologi yang diterapkan komunitas Punk di Desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang; dan (3) Bagaimana konstruksi sosial komunitas Punk dan perilaku remaja di Desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah remaja yang mengikuti komunitas Punk. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik remaja yang mengikuti komunitas Punk adalah mayoritas laki-laki, dengan usia 19-23 tahun. Usia tersebut termasuk pada kategori masa remaja akhir. Latar belakang remaja mengikuti komunitas Punk ada beberapa faktor, diantaranya adalah keadaan keluarga, keadaan sekolah, lingkungan tempat tinggal, ketertarikan penampilan Punk, kebebasan yang ditawarkan, dan seni musik Punk. (2) Ideologi yang diterapkan komunitas Punk di Desa Karangkates adalah do it yoursef (kemandirian), freedome (kebebasan), anti kapitalis, dan sikap anti kemapanan. (3) Konstruksi sosial dan perilaku remaja yang mengikuti komunitas Punk adalah merasa lebih mandiri, bebas, memiliki skill, dan memiliki tanggung jawab. Selain itu, remaja juga aktif mengikuti kegiatan sosial bersama warga. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah dapat mengkaji keberadaan komunitas Punk dan perilaku remaja dengan menggunakan perspektif yang berbeda, misalnya fenomenologi, etnografi, serta menghubungkannya dengan nilai-nilai karakter maupun nilai-nilai pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55936

Actions (login required)

View Item View Item