Belajar melalui pendidikan tambahan (studi atas pendidikan nonformal Sekolah Alam Ngelmu Pring di Kota Batu) / Rohfatma Pamuji Islam

Islam, Rohfatma Pamuji (2018) Belajar melalui pendidikan tambahan (studi atas pendidikan nonformal Sekolah Alam Ngelmu Pring di Kota Batu) / Rohfatma Pamuji Islam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Islam Pamuji Rohfatma. 2017. Belajar Melalui Pendidikan Tambahan (Studi atas Pendidikan Nonformal Sekolah Alam Ngelmu Pring di Kota Batu). Skripsi Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nyoman Ruja S.U (II) I Dewa Putu Ekasasnanda S.Ant M.A Kata Kunci Pendidikan Nonformal Sekolah Alam. Pendidikan dapat didefinisikan sebagai proses belajar mengajar yang dapat menghasilkan perubahan di segala hal termasuk perilaku sikap dan perubahan intelektualnya. Sistem pendidikan nasional yang dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu pendidikan formal nonformal dan informal. Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan nonformal muncul sebagai penambah pada pendidikan formal apabila pengetahuan ketrampilan dan sikap yang diperoleh peserta didik pada satuan pendidikan formal dirasa belum memadai. Salah satu pembelajaran nonformal adalah sekolah alam Ngelmu Pring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana latar belakang terbentuknya sekolah alam Ngelmu Pring di kota Batu (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang terdapat di sekolah alam Ngelmu Pring di Kota Batu (3) Bagaimana pendapat peserta didik dan orang tua mereka mengenai pembelajaran yang terdapat di sekolah alam Ngelmu Pring di Kota Batu . Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data terdiri dari pengamatan (observasi) wawancara mendalam dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan teknik analis data model Miles Huberman. Hasil penelitian berupa latar belakang berdirinya sekolah alam Ngelmu Pring adalah berawal dari sebuah komunitas karyalekhabasa yang terletak di kota Batu. Memiliki kurikulum bernama kurikulum Bebas Belajar. Terdapat aspek-aspek pengembangan karakter yaitu pebisnis yang unggul jiwa sosial yang tinggi penguasaan life skill kreatif dan adaptif pemberani kemampuan management dan organisasi terampil berkomunikasi berwawasan Global dan berjiwa lokal. Untuk mendukung berjalannya kurikulum yang dimiliki beberapa progam. Program-program yang mendukung tersebut diantaranya sinau bareng sahabat pring polyglot muda nyantrik one week one book dan mencintai Indonesia. Program tersebut disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Pendapat peserta didik adalah memperoleh tambahan pengetahuan bahasa asing pengetahuan yang masing kurang disampaikan dalam pembelajaran formal memperoleh pembelajaran ketrampilan dan bekal untuk meningkatkan kepercayaan diri. Pendapat dari orang tua peserta didik berupa menambah tingkat sosial dan memiliki pemikiran yang lebih maju. Bagi penelitian yang akan datang agar dapat membahas mengenai sistem pembelajaran minat kelemahan dan latar belakang peserta didik maupun lingkungan memilih pembelajaran nonformal. Sehingga bisa mendapatkan hasil penelitian yang berbeda dan dapat dijadikan pembanding dan dikemudian hari bisa berguna dalam menambah pengetahuan tentang pendidikan nonformal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55935

Actions (login required)

View Item View Item