Kinerja guru IPS dikaji dari latar belakang pendidikan di SMP Negeri 4 Malang / Ayu Dewi Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja guru IPS dikaji dari latar belakang pendidikan di SMP Negeri 4 Malang / Ayu Dewi Puspitasari

Puspitasari, Ayu Dewi (2018) Kinerja guru IPS dikaji dari latar belakang pendidikan di SMP Negeri 4 Malang / Ayu Dewi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Puspitasari Ayu Dewi. 2017. Kinerja Guru IPS Dikaji dari Latar Belakang Pendidikan di SMP Negeri 4 Malang. Skripsi. Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D (2) I Dewa Putu Eskasasnanda. S.Ant. M.A. Kata Kunci Guru IPS Latar Belakang Pendidikan Kinerja Guru. Sebagai tenaga profesional seorang guru idealnya memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Tujuan dari tuntutan tersebut adalah mendapatkan hasil kinerja yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana latar belakang pendidikan guru IPS di SMP Negeri 4 Malang (2) Bagaimana kinerja guru IPS di SMP Negeri 4 Malang (3) Apa saja kendala yang dihadapi guru IPS di SMP Negeri 4 Malang ketika melaksanakan pembelajaran IPS . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai pengamat non partisipasi. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 4 Malang. Sumber data primer diperoleh dari guru IPS dan wakil kepala bagian kurikulum sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari profil sekolah dan dokumen perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan Miles Hubberman pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan kebasahan temuan menggunakan triangulasi teknik. Tahap pada penelitian ini yaitu tahap pra lapangan tahap penelitian dan tahap pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Latar belakang pendidikan yang dimiliki guru IPS di SMPN 4 Malang masih banyak yang belum sesuai dengan mata pelajaran yang diampu yaitu IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). (2) Kinerja guru IPS di SMPN 4 Malang dilihat dari aspek perencanaan sebelum melaksanakan pembelajaran guru sudah membuat RPP dan silabus terlebih dahulu. Dilihat dari aspek pelaksanaan media yang biasa digunakan guru IPS adalah LCD gambar peta dan kliping. Sedangkan dilihat dari aspek penilaian sistem penilaian yang biasa digunakan guru adalah penilaian proses pengetahuan dan sikap. (3) kendala yang dihadapi guru IPS di SMPN 4 Malang adalah guru kurang menguasai materi dan kurang dalam hal menerpadukan beberapa disiplin ilmu yang tercakup dalam mata pelajaran IPS. Saran bagi sekolah yakni meningkatkan sarana prasana di sekolah dan mengirimkan guru IPS ke lembaga pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Saran bagi guru IPS yaitu diharapkan lebih sering lagi mengikuti pelatihan maupun seminar yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diampu dan menambah referensi tentang model-model pembelajaran serta media pembelajaran yang terbaru. Saran bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian mengenai kinerja guru IPS hendaknya menambah variabel lain selain latar belakang pendidikan guru. Selain itu hendaknya peneliti lain lebih memperluas cakupannya dengan menambah jumlah tempat penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55921

Actions (login required)

View Item View Item