Perubahan sosial ekonomi wanita pedagang di pasar wisata Dewi Sri Kecamatan Pujon Kabupaten Malang / Risa Umi Alfiana

Alfiana, Risa Umi (2018) Perubahan sosial ekonomi wanita pedagang di pasar wisata Dewi Sri Kecamatan Pujon Kabupaten Malang / Risa Umi Alfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfiana, Risa Umi. 2017. Perubahan Sosial Ekonomi Wanita Pedagang Pasar Wisata Dewi Sri Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Nyoman Ruja, S.U. (II) I Dewa Putu Ekasasnanda, S. Ant., M.A Kata Kunci: Perubahan Sosial Ekonomi, Wanita Pedagang, Pariwisata. Peluang dan kesempatan bagi wanita untuk mengembangkan potensi diri saat ini semakin terbuka. Salah satu peluang dalam kesempatan kerja bagi wanita di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang adalah dengan adanya Pasar Wisata Dewi Sri tahun 1999 yang didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Malang bekerjasama dengan Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa dalam mengembangkan potensi pedesaan menjadi kawasan pariwisata. Terbukanya peluang usaha bagi kaum wanita melalui keberadaan Pasar Wisata Dewi Sri memberikan dampak perubahan bagi kehidupan mereka. Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakteristik wanita pedagang di Pasar Wisata Dewi Sri Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang? (2) Bagaimana perubahan ekonomi wanita pedagang setelah adanya aktivitas pariwisata di Pasar Wisata Dewi Sri Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang? (3) Bagaimana bentuk-bentuk perubahan sosial yang terjadi pada wanita pedagang Pasar Wisata Dewi Sri setelah mengalami pergeseran mata pencaharian?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan purposive. Informan pendukung yaitu kuli panggul, pengelola, wisatawan. Informan kunci yaitu wanita pedagang Pasar Wisata Dewi sri. Prosedur pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Para tenaga kerja wanita di pasar wisata merupakan usia produktif yang berstatus kawin dan berkedudukan sebagai istri dalam rumah tangga. Pemilihan keputusan untuk menjadi wanita pedagang lebih didominasi oleh kondisi ekonomi suami yang lemah. Di samping berjualan, para wanita pedagang di pasar wisata juga sambil mengasuh anak. Mereka berjualan 9 hingga 14 jam dalam sehari. Jenis barang yang diperjualbelikan berupa barang oleholeh, makanan siap saji, dan barang jenis hobi. (2) Kestabilan ekonomi meminimalisir ketergantungan pada suami, tercukupinya berbagai kebutuhan rumah tangga, hutang untuk membeli kios dapat terlunasi, tempat tinggal menjadi lebih bagus, dan gemar berbelanja online. (3) bentuk perubahan sosial yang terjadi yakni berubahnya gaya hidup, meningkatkan kedudukan mereka dalam lingkungan sosial, perubahan dalam pola pikir dan kemandirian, serta berkurangnya waktu dalam kegiatan masyarakat. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk melaksanakan penelitian dengan fokus pada strategi pemasaran serta solusi yang efektif untuk mengatasi kendala-kendala yang sering dihadapi oleh wanita pedagang dalam memasarkan produk. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55919

Actions (login required)

View Item View Item