Bentuk pengelolaan pembelajaran sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan / Dika Dwi Ebtanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Bentuk pengelolaan pembelajaran sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan / Dika Dwi Ebtanto

Ebtanto, Dika Dwi (2017) Bentuk pengelolaan pembelajaran sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan / Dika Dwi Ebtanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ebtanto Dika Dwi. 2017. Bentuk Pengelolaan Pembelajaran Sistem Full Day School Di SMP Yadika Bangil Pasuruan. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nyoman Ruja S.U. (II) I Dewa Putu Eskasasnanda S.Ant. M.A Kata Kunci Bentuk Pengelolaan Pembelajaran Sistem Full Day School. Kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari pendidikan penduduknya. Pendidikan merupakan salah satu unsur fundamental dalam kehidupan bangsa. Pendidikan merupakan salah satu syarat untuk lebih memajukan bangsa karena keberadaan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Berawal dari kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas pemerintah pada tahun 2017 menerapkan konsep pendidikan baru yang dinamakan full day school. Penelitian ini memiliki lima rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana sejarah dilaksanakan sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan (2) Bagaimana pelaksanaan dalam penerapan sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan (3) Faktor-faktor pendukung apa saja terhadap pelaksanaan sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan (4) Faktor-faktor penghambat apa saja terhadap pelaksanaan sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan (5) Bagaimana pendapat guru dan siswa terhadap pelaksanaan sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data terdiri dari observasi wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah informan pendukung yaitu Urusan Kesiswaan Urusan Sarana prasarana Guru dan Siswa serta informan kunci adalah Kepala Sekolah dan Urusan Kurikulum. Analisis data menggunakan teknik analis data model interaktif Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran sistem full day school di SMP Yadika disebabkan oleh kebutuhan masyarakat Bangil yang menginginkan sekolah yang hampir sama dengan sistem di pondok pesantren. Aspek yang ditekankan dalam pengelolaan pembelajaran yaitu aspek karakter dan aspek akademik. Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran yaitu kurikulum nasional KTSP 2006 dengan waktu pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan sekolah. Program sekolah seperti kegiatan rutin setiap hari ekstrakulikuler wajib dan ekstrakulikuler kepeminatan yang bertujuan untuk membentuk pengembangan diri siswa. Sarana prasarana yang memadai dalam kegiatan pembelajaran juga menjadi penunjang dalam pengelolaan pembelajaran sistem full day school di SMP Yadika Bangil Pasuruan. Terdapat beberapa hambatan dalam pengelolaan pembelajaran sistem full day school seperti sarana prasarana yang masih perlu ditambah. Saran bagi peneliti selanjutnya mengingat masih belum banyak penelitian serupa maka peneliti menyarankan untuk melakukan penelitian mengenai studi komparasi pada sekolah berbasis full day school dengan half day school atau problematika dalam pembelajaran sistem full day school.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55914

Actions (login required)

View Item View Item