Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Talun Kabupaten Blitar / Desti Nilasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Talun Kabupaten Blitar / Desti Nilasari

Nilasari, Desti (2017) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Talun Kabupaten Blitar / Desti Nilasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nilasari Desti. 2017. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Talun Kabupaten Blitar . Skripsi Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nyoman Ruja SU. (2) I Dewa Putu Ekasasnanda S.Ant. M.A Kata Kunci Strategi Guru Kesulitan Belajar IPS Pendidikan merupakan kunci utama terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten dalam membangun bangsa. Sehingga dibutuhkan seorang guru yang berkualitas dalam proses pembelajaran dan membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Oleh karena itu perlu adanya strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Talun Kabupaten Blitar (2) Bentuk-bentuk kesulitan belajar apa saja yang dihadapi siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Talun Kabupaten Blitar (3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Talun Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualittaif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Talun Kabupaten Blitar. Informan dalam penelitian ini adalah informan pendukung yaitu kepala sekolah guru BK serta informan kunci adalah guru IPS dan siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan Miles dan Haberman yang terdiri dari pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh ada tiga kesimpulan dari hasil penelitian. Pertama Pelaksanaan proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Talun berpedoman pada RPP kurikulum 2006 (KTSP) dibuat dalam wadah MGMP seKabupaten Blitar. Kedua bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa diantaranya karena materinya yang terlalu luas dan kesulitan pada materi menghitung sala satunya skala pada peta. Adapun faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yaitu faktor internal meliputi minat belajar rendah kelelahan dan faktor eksternal yang meliputi kurang motivasi dan fasilitas yang kurang memadai. Ketiga strategi yang digunakan guru yaitu dengan menggunakan model pembelajaran seperti diskusi dan piture and piture memberikan motivasi melakukan pendekatan dengan siswa melakukan bimbingan belajar dan memberikan soal remidi. Saran untuk sekolah agar meningkatkan fasilitas yang lebih menunjang proses pembelajaran. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya supaya membahas tentang bagaimana upaya siswa dalam mengalami kesulitan belajarnya dan bagaimana peran orang tua dalam membantu anaknya yang mengalami kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55913

Actions (login required)

View Item View Item