Analisis penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS (studi kasus di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar) / Adisthie Sukma Putri H. - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS (studi kasus di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar) / Adisthie Sukma Putri H.

Handoko, Adisthie Sukma Putri (2017) Analisis penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS (studi kasus di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar) / Adisthie Sukma Putri H. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri AdisthieSukma. 2017. AnalisisPenggunaan Media Pembelajaranpada Mata Pelajaran IPS (StudiKasus di SMPNegeri 1 SrengatKabupatenBlitar) . Skripsi Program StudiPendidikan IPS FIS UniversitasNegeri Malang Pembimbing 1) Dra. SitiMalikhahTowafM.A Ph.D 2) Dr. I NyomanRuja SU Kata Kunci Media pembelajaran IPS Pendidikanmerupakansuatukegiatandalamduniapendidikan yang memilikiperananpentingdalamkehidupan di masamendatang Salah satumatapelajaran yang dianggapkurangmenarikadalah IPS mayoritassiswamenganggap IPS hanyailmumenghafaltanpaadanyavariasipembelajaran di kelas.Namunsekarang guru IPS memilihpembelajaranmenggunakan media pembelajaran yang relevandenganmateri IPS dengantujuanmemperjelassebuahkonseptentangmateri yang diterangkandalamkelas. Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaitu 1)Apa media pembelajaran yangtersediapadamatapelajaran IPS di SMPNegeri 1 Srengat 2)Bagaimanapenggunaan media dalampembelajaran IPS di SMPNegeri 1 Srengat 3) Bagaimanapermasalahan yang dihadapi guru IPS dalampengembangandanpenggunaan media pembelajaran di SMPNegeri 1 Srengat 4) Bagaimanaupaya guru untukmengatasimasalah media pembelajaran yang sesuaidenganmatapelajaran IPS di SMPNegeri 1 Srengat Penelitianinimenggunakanpendekatankualitaifdenganjenispenelitianstudikasus. Kehadiranpenelitidalampenelitianinisangatlahdiperlukankarenapenelitisendiri yang bertindaksebagai instrument penelitiantersebut. Lokasipenelitian di SMPNegeri 1 SrengatKabupatenBlitar. Sumber data menggunakanduajenis data yaitusumber data primer dansumber data sekunder. Prosedurpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanteknikpengumpulan data observasi wawancaradandokumentasi. Analisis data dalampenelitianiniyaitureduksi data penyajian data danverifikasi data. Pengecekankeabsahandilakukandengantriangulasidanmeningkatkanketekunan. Tahap-tahapdalampenelitianinimenggunakantigatahaptahappersiapanpenelitian tahappelaksanaandantahaplaporan. Berdasarkananalisis data diperolehempatkesimpulandarihasilpenelitian. Pertama SMP Negeri 1 Srengatmerupakansekolah yang menjadiPilot Project kurikulum 2013 di KabupatenBlitar. Kedua media pembelajaran IPS yang digunakanuntukkelas VII berupagambardan video yang ditayangkandalambentukpower point sedangkanuntukkelas VIII menggunakan media Klippingyang dimodifikasidengan Sosio Drama dankelas XI menggunakan media pembelajaranseperti Audio gambar maupun video yang sesuaidenganmateri IPS di kelas. Ketiga kendala yang dihadapi guru-guru IPS di SMP Negeri 1 Srengattersebutadalahkurangpemahaman IT untukpembuatan media pembelajaran yang relevandengankebutuhansiswa. Keempat upaya yang diberikanolehpihaksekolahuntuk guru IPS adalahdenganmewajibkanmengikuti Seminar tentang media pembelajaran yang biasanyadilakukandariPerguruanTinggisetiaphariRabu. Saran untukpenelitiselanjutnyayaituuntukmelakukanpenelitiantentang Media pembelajaran IPS danpengembangannya yang sesuaidenganmatapelajaran IPS .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 02 Oct 2019 08:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55907

Actions (login required)

View Item View Item