Konstruksi sosial pendidikan di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Auliya Fikri Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi sosial pendidikan di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Auliya Fikri Nabila

Nabila, Auliya Fikri (2017) Konstruksi sosial pendidikan di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Auliya Fikri Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nabila Auliya Fikri. 2017. Konstruksi Sosial Pendidikan di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. GM. Sukamto M.Pd. M.Si (II) Dra. Hj. Siti Malikhah Thowaf M.A. Ph.D Kata Kunci Konstruksi Sosial Pendidikan Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan adalah salah satu daerah tingkat pendidikan di Kecamatan Lekok khususnya Desa Pasinan cukup rendah dengan angka Drop Out pada pendidikan menengah tertinggi dan pencapaian hasil ujian nasional terutama di tingkat sekolah dasar yaitu di SDN Pasinan 1 selalu menempati urutan terakhir di Kabupaten Pasuruan dengan kategori C pada tahun ajaran 2015/2016. Hal tersebut terbukti juga melalui data Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan tahun 2016 yang menyatakan sebanyak 13 758 orang usia 12-56 tahun tercatat tidak tamat SMP dan SMA. Masyarakat setempat berpandangan bahwa pendidikan bukanlah jaminan untuk hidup sejahtera. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konstruksi sosial pendidikan dilihat dari kondisi sosial di desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan (2) Bagaimana konstruksi sosial pendidikan dilihat dari kondisi ekonomi di desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan (3) Bagaimana konstruksi sosial pendidikan dilihat dari kondisi budaya di desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi sosial atau pandangan masyarakat terhadap pendidikan dilihat dari kondisi sosial ekonomi budaya di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Sumber data menggunakan dua jenis data berdasarkan sumbernya yaitu data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik Snowball. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kostruksi sosial masyarakat Desa Pasinan terhadap pendidikan (1) Dilihat dari kondisi sosial masyarakat Desa Pasinan memandang pendidikan sebagai sarana mobilitas sosial dimana dapat merubah status dan kedudukan didalam masyarakat. (2) Dilihat dari kondisi ekonomi adalah masyarakat Desa Pasinan memandang pendidikan dapat mempermudah mencari pekerjan memberikan posisi strategis dalam bekerja dan meningkatkan pangkat jabatan serta gaji dalam bekerja. (3) Dilihat dari kondisi budaya masyarakat Desa Pasinan memandang bahwa pendidikan tidaklah begitu penting jika dibandingkan dengan budaya fanatik terhadap agama dan juga pernikahan dini di masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu masyarakat Desa Pasinan memandang pendidikan sebagai hal yang positif dan diyakini dapat memperbaiki taraf hidup. Oleh sebab itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji permasalahan pendidikan melalui studi fenomenologi atau etnografi di Desa Pasinan Kacamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. ABSTRACT Nabila Auliya Fikri. 2017. Social Construction of Education in Pasinan Village Lekok Sub-district Pasuruan Regency. Thesis. Social Studies Education. Faculty of Social Science. State University of Malang. Advisor (I) Dr. GM. Sukamto M.Pd. M.Si (II) Dra. Hj. Siti Malikhah Thowaf M.A. Ph.D Keywords Social Construction Education. Pasinan Village Lekok Sub-district Pasuruan Regency is one of education level in Lekok sub-district especially in Pasinan Village which is quite low with drop out in the highest secondary education level and the achievement of national exam result especially at elementary school level in SDN Pasinan 1 always ranks last in Regency Pasuruan by category C in 2015/2016 academic year. It is proven also through data of Pasinan Village Community Empowerment Agency Lekok Sub-district Pasuruan regency in 2016 which stated that 13 758 people aged 12-56 years are not graduated from junior and senior high school. The local community holds and believes that education is not a guarantee for prosperity. The resrach of problem in this research is (1) How social construction of education seen from social condition at Pasinan village Lekok Sub-district Pasuruan Regency (2) How is the social construction of education seen from the economic condition in Pasinan village Lekok sub-district Pasuruan regency (3) How is the social construction of education seen from the cultural conditions in Pasinan village Lekok sub-district Pasuruan regency. In this research the researcher uses qualitative approach and descriptive research type. This study aims to describe social construction or community views on education seen from the social economic cultural conditions in Pasinan village Lekok sub-district Pasuruan regency. The data source uses two types of data based which is collected by its sources such as primary data and secondary data which the researcher get it by using Snowball technique. The Data collection procedure in this research is by using interview observation and documentation. The result of this research is Social Construction of Pasinan Village society towards education is (1) Judging from social condition Pasinan Village people view education as a means of social mobility which can change the status and position in society. (2) Seen from the economic condition the people of Pasinan Village see education as facilitating on job searching giving strategic position in working and improving rank position and salary in work environment. (3) Viewed from the cultural conditions the people of Pasinan Village see education as not so important when compared to the fanatical culture of religion and also in early marriage condition in society. In conclusion people of Pasinan Village viewed education as a positive thing and believed to improve the standard of living. Therefore the next researcher is expected to study the educational problem through phenomenology or ethnography study in Pasaran Village Lekok Pasuruan Regency.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55904

Actions (login required)

View Item View Item