Analisis problematika penerapan pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPS di SMPN 8 Malang / Yuniar Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis problematika penerapan pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPS di SMPN 8 Malang / Yuniar Rosyidah

Rosyidah, Yuniar (2017) Analisis problematika penerapan pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPS di SMPN 8 Malang / Yuniar Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah Yuniar. 2017. Analisis Problematika Penerapan Pembelajaran Terpadu pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 8 Malang. Skripsi Program Studi S1Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D (2) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata Kunci Problematika pembelajaran terpadu IPS Penerapan pembelajaran terpadu terdiri dari perencanaan pelaksanaan evaluasi dan tindak lanjut. Berdasarkan kurikulum 2013 pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPS siswa harus berperan aktif dalam pembelajaran.Penerapan pembelajaran terpadu tentu tidak terlepas dari berbagai problematika. Problematika merupakan suatu halangan atau masalah yang terjadi pada kelangsungan suatu proses. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran terpadu mata pelajaran IPS di SMPN 8 Malang 2)Apa saja problematikaguru IPSdalam menerapkan pembelajaran IPS terpaduSMPN 8 Malang 3) Apa saja problematikasiswa SMPN 8 Malang dalam penerapan pembelajaran IPS terpadu 4) Bagaimana strategi guru mengatasipermasalahan pembelajaran IPS terpadu Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMPN 8 MalangJalan Arjuno No.19 Malang. Informan pendukung adalah Wakakurikulum dan Kepala SMPN 8 Malang. Informan kunci adalah guru IPS kelas VII dan siswa kelas VII SMPN 8 Malang.Prosedur pengumpulan data yaitu wawancara observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dengan menggunakanteknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini SMPN 8 Malang sudah menerapkan model pembelajaran terpadu Fogarty yakni model connected dan integrated. Problematika guru dalam menerapkan pembelajaran terpadu yakni menentukan media dan model pembelajaran memadukan materi IPS Terpadu menghadapi siswa yang tidak tertarik mempelajari IPS pelaksanaan pembelajaran lapangan terkendala waktu dan biaya serta pengetahuan guru mengenai media pembelajaran berbasis teknologi masih perlu dikembangkan. Problematika siswa dalam mempelajari IPS karena masih rendahnya minat baca siswa kondisi ekonomi keluarga dan sarana pendukung berpengaruh pada konsentrasi siswa di sekolah hasil capaian beberapa siswa masing-masing kelas memerlukan remidial. Strategi pembelajaran guru untuk mengatasi masalah pembelajaran terpadu yakni guru memanfaatkan kegiatan MGMP untuk berdiskusi pergantian model sesuai kemampuan guru mengatasi kesulitan pembelajaran terpadu yang dihadapi guru dengan mengikuti berbagai pelatihan sosialisasi dan workshop. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan adanya pelatihan model pembelajaran terpadu Fogarty. Guru memerlukan pelatihan media (berbasis teknologi) dan model pembelajaran hendaknya guru memotivasi terutama siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. Siswa hendaknya meningkatkan rasa ingin tahunya kepercayaan diri memperluas wawasan dan melakukan persiapan belajar sebelum ke sekolah. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian tentang model pembelajaran terpadu Fogarty ditinjau dari kemampuan mengajar guru dan gaya belajar siswa. ABSTRACT Rosyidah Yuniar. 2017. The Analysis of Integrated Learning Implementation Problems on Social Studies Subjects at SMPN 8 Malang. Sarjana s Thesis Social Studies Education Faculty of Social Sciences State University of Malang. Advisors (1) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D (2) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Keywords problem integrated learning social studies Implementation of integrated learning consists of planning implementation evaluation and feed back. Based on curriculum 2013 students the integrated learning ofSocial Studies subjects must take an active role in the learning. Yet the implementation of this learning encountered some problems. Theproblems are obstacles which might happen during the process. Then some research problems are formulated 1) how do integrated learning implementationofSocial Studies subjectsat SMPN 8 Malang 2) what are the problems of integrated learning implementation of Social Studies subjects at SMP 8 Malang 3) what are the students problemswhile implementingthe integrated learning system 4) What are the teachers strategies to solve the problems This research design is qualitative approach. Location of the research is at SMPN 8 Malang addressed at Jalan Arjuno No.19 Malang. Headmaster and Deputy of Curriculum are supported informant while the maininformants of this research are teachers of IPS class VII and students class VII SMP 8 Malang. Data collection of this research are interview observation documentation and field-work record. The data is analyzed using interactive modelstechniques by Miles and Huberman. The results show that SMP 8 Malang has already implemented Fogarty s integrated learning particularly using connected and integrated models.The teachers problems are determine learning media combine Social Stuides material limit time and money for field-work and the teachers need to develop their knowledge about technology-based learning. The students problems are lack-interest of reading Social Studies material their financial condition unsupported the facility needed that can influence their concentration and the students need remedial. The teachers strategies are use MGMP as a media to discuss the problem and find the best solution to solve it change the learning model to be more appropriate for the teacher and the students follow some training socialization and workshop which are related to the learning. Based on results the researcher suggests for the teachers to held workshop of Forgaty s Integrated Learning model. The teachers also need some workshop of technology-based learning media they should motivate and encourage the students particularly low self-esteem students and enrich their knowledge and prepare the material learning before teaching. For the future researcher they should investigate different point of view of Forty s Integrated Learning model such as teaching ability of the teachers and students learning style.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55897

Actions (login required)

View Item View Item