Pengaruh thinking maps pada pembelajaran inquiry lesson terhadap penguasaan konsep peserta didik SMP kelas VIII materi tekanan zat / Yeni Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh thinking maps pada pembelajaran inquiry lesson terhadap penguasaan konsep peserta didik SMP kelas VIII materi tekanan zat / Yeni Pratiwi

Pratiwi, Yeni (2017) Pengaruh thinking maps pada pembelajaran inquiry lesson terhadap penguasaan konsep peserta didik SMP kelas VIII materi tekanan zat / Yeni Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Yeni. 2017. Pengaruh Thinking Maps pada Pembelajaran Inquiry Lesson terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik SMP Kelas VIII Materi Tekanan Zat. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (2) Metri Dian Insani S.Si. M.Pd Kata Kunci levels of inquiry inquiry lesson thinking maps penguasaan konsep IPA. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukann di sekolah jenjang SMP pada guru IPA di Kota Malang diketahui bahwa peserta didik tidak pernah menggunakan thinking maps dalam aktivitas belajar. Peserta didik cenderung mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan rumus-rumus pada konsep. Penguasaan konsep peserta didik dapat dikembangkan dengan menerapkan pembelajaran inquiry lesson berbantuan thinking maps. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh thinking maps dalam inquiry lesson terhadap penguasaan konsep peserta didik VIII SMPN 1 Singosari Tahun Ajaran 2016-2017 pada materi Tekanan Zat. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only controlgroup design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Singosari Tahun Ajaran 2016-2017. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-J dan kelas VIII-G. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Terdapat dua perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen yaitu kelas yang belajar dengan inquiry lesson berbantuan thinking maps sedangkan pada kelas kontrol peserta didik belajar dengan inquiry lesson tanpa thinking maps. Instrumen penelitian terdiri dari Silabus RPP dan soal penguasaan konsep IPA materi tekanan zat berupa soal uraian. Pada akhir penelitian diberikan tes penguasaan konsep. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan Cohen s d-effect size. Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa terdapat pengaruh penguasaan konsep peserta didik kelas VIII dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inquiry lesson berbantuan thinking maps dan inquiry lesson tanpa thinking maps. Hasil uji-t diperoleh hasil thitung (4 18) ttabel (2 00).Rerata skor posttest yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dengan menggunakan perhitungan Cohen s d-effect size diperoleh bahwa pengaruh thinking maps pada inquiry lessonberpengaruh terhadap penguasaan konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55893

Actions (login required)

View Item View Item