Camelya, Nelly Isroy (2017) Konstruksi sosial dan aktivitas belajar siswa korban school bullyng kelas VII di SMP Negeri 10 Malang / Nelly Isroy Camelya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Camelya Nelly Isroy. 2017. Konstruksi Sosial dan Aktivitas Belajar Siswa Korban School Bullying Kelas VII di SMP Negeri 10 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. GM. Sukamto M.Pd M.Si (II) I Dewa Putu Eskasasnanda S.Ant. M.A. Kata Kunci konstruksi sosial korban school bullying aktivitas belajar Salah satu perilaku menyimpang yang dapat menghambat ketercapaian pembelajaran di sekolah adalah bullying. Bullying merupakan penyalahgunaan kekuasaan oleh pihak yang kuat terhadap pihak yang lemah secara berulang kali. Tindakan bullying mulai marak dilakukan pada awal masuk kelas VII. Bullying dapat memberikan pengaruh buruk lebih banyak bagi korbannya salah satunya adalah menurunnya ativitas belajar korban bullying. Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah (1) apa saja karakteristik siswa korban school bullying kelas VII di SMP Negeri 10 Malang (2) apa saja bentuk bullying yang dialami siswa korban school bullying kelas VII di SMP Negeri 10 Malang (3) bagaimana konstruksi sosial penyebab bullying yang dialami siswa korban school bullying kelas VII di SMP Negeri 10 Malang (4) bagaimana konstruksi sosial dan aktivitas belajar siswa korban school bullying kelas VII di SMP Negeri 10 Malang (5) bagaimana konstruksi sosial guru dalam memberikan intervensi terhadap school bullying di SMP Negeri 10 Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Informan kunci adalah siswa kelas VII korban school bullying. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Karakteristik siswa korban school bullying kelas VII di SMP Negeri 10 Malang adalah memiliki harga diri yang rendah bersikap tidak menyenangkan dan memiliki teman sedikit. (2) Bentuk bullying yang dialami siswa korban school bullying kelas VII adalah fisik verbal psikologis dan elektronik. (3) Konstruksi sosial penyebab bullying yang dialami siswa korban school bullying kelas VII adalah karena pelaku penonton dan guru menganggap bahwa korban bullying melakukan kesalahan terlebih dahulu sehingga korban merasa terpojok (4) Konstruksi sosial dan aktivitas belajar siwa korban school bullying kelas VII adalah bullying dapat mempersulit aktivitas belajar korban bullying karena dia merasa ketakutan dan kesakitan. (5) Konstruksi sosial guru dalam memberikan intervensi terhadap school bullying adalah dengan mengadakan ceramah agama setiap pagi salah satunya membahas tentang bullying memberikan konseling membuat media pembelajaran menarik mengadakan diskusi kelompok dan kerja bakti. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah diharapkan dapat melakukan penelitian dengan fokus pada (1) pelaku bullying yang meliputi faktor eksternal dan internal pelaku melakukan tindakan bullying. (2) Dampak positif dan negatif yang dialami pelaku saat melakukan bullying. (3) Solusi yang tepat untuk mencegah dan meminimalisir tindakan bullying.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |