Sri, Utami (2017) Peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar / Sri Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Utami Sri. 2016. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Papar. Skripsi Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D. (II) Drs. Soetjipto S.H. M.Pd. Kata Kunci Numbered Heads Together (NHT) Motivasi Hasil Belajar Peranan guru untuk mencapai keberhasilan dalam suatu pembelajaran sangatlah besar terutama dalam memberikan materi pelajaraan. Pada umumnya untuk mengejar pencapai kurikulum para guru akan memilih jalan termudah. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru IPS hanya menggunakan model yang menekankan pemberian informasi saja dalam hal ini guru menggunakan model ceramah tanpa melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Numbered Heads Together (NHT) adalah suatu model belajar dimana setiap siswa diberi nomor kemudian dibentuk suatu kelompok dan setiap kelompok diberi tugas yang akan didiskusikan kemudian secara acak guru memanggil nomor dari siswa. Metodeinimengedepankanaktivitaspesertadidikdalammencaridanmengolah datadaribeberapatemannya yang akhirnyadipresentasikan di depankelas. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar (2) Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar IPS melalui model pembelajaran NHT pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran NHT pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar . PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas (PTK) denganmelaluiempattahapan perencanaan pelaksanaan observasidanrefleksi. Penelitianiniterdiridariduasiklus yang terdiridaritigapertemuanpadasetiapsiklusnya. Data penelitianberupahasilbelajardiperolehmelaluites yang diberikankepadasiswapadasetiapakhirsiklus. Data penelitianmotivasibelajardiperolehmelalui instrument angket yang diberikankepadasiswapadasetiapakhirsiklus. HasilpenelitianmenunjukkanbahwaNHTdapatmeningkatkanmotivasibelajar IPS siswapadasiklus I sebesar 77 62% dengankategori Sedang . Padasiklus II meningkatmenjadi 95 08%% dengankategori Tinggi . Peningkatanmotivasibelajarsiswadarisiklus I kesiklus II sebesar 17 46%%. HasilpenelitianmenunjukkanbahwaNHTdapatmeningkatkanhasilbelajar IPS siswapadasiklus I sebesar 72 11% . Padasiklus II meningkatmenjadi 79 17% . Peningkatanhasilbelajarsiswadarisiklus I kesiklus II sebesar 7 06%. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melaksanakan penelitian sejenis yang tujuannya memperbaiki dan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran yang bervariasi dengan subyek penelitian dan materi yang berbeda.Sebelum menerapkan model NHT perlu pengarahan agar siswa tidak bingung dan menghabiskan waktu pada media pembelajaran sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang bervariasi agar menarik perhatian siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55888 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |