Peran Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang dalam membentuk ahklak pasa santrinya dan relevansinya pada pendidikan IPS / Khoirul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang dalam membentuk ahklak pasa santrinya dan relevansinya pada pendidikan IPS / Khoirul Arifin

Arifin, Khoirul (2017) Peran Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang dalam membentuk ahklak pasa santrinya dan relevansinya pada pendidikan IPS / Khoirul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Khoirul. 2016. Peran Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang dalam Membentuk Akhlak Para Santrinya dan Relevansinya pada Pendidikan IPS . Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D(II) Drs. Soetjipto S.H. M.Pd. Kata Kunci Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang Akhlak Pendidikan IPS Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional Islam untuk mempelajari memahami mendalami menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan pentingnya moral keagamaan sebagai pedoman perilaku sehari-hari.Pondok Pesantren di Kota Malang salah satunya PP Miftahul Huda merupakan Pondok Pesantren yang bertipe salafiah.Keterkaitanpendidikan akhlak dalam pendidikan IPS sudah dijelaskan dalam tujuan utamanya yaitu membantu mengembangkan siswa untuk menjadi warga negara yang memiliki pengetahuan sikap dan ketrampilan yang memadai . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana sejarah berdirinya lembaga pendidikan PP Miftahul Huda Malang (2) Bagaimana peran lembaga pendidikan PP Miftahul Huda Malang dalam membentuk akhlak para santrinya (3) Apa saja hambatan yang dihadapi PP Miftahul Huda Malang dalam membentuk akhlak para santrinya (4) Bagimana relevansi peran lembaga pendidikan PP Miftahul Huda Malang dalam membentuk akhlak para santrinya pada Pendidikan IPS . Penelitianinimenggunakanpendekatan dan jenispenelitiankualitatifdeskriptif. Kehadiran dan peran peneliti dalam penelitian adalah sebagai observer atau pengamat serta pengumpul data. Lokasi penelitianyang digunakan sebagai tempat penelitian adalah PP Miftahul Huda yang terletak di Jalan Gading Pesantren No.38 Gading Kasri Klojen Kota Malang. Prosedur pengumpulan data denganobservasi wawancara dandokumentasi. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis Miles dan Huberman.Pengecekankeabsahan data menggunakantriangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yaitu (1) Sejarah berdirinya lembaga pendidikan PP Miftahul Huda adalah menyesuaikan atau mengadaptasi dari sejarah KelurahanGadingKasri(2) Peran lembaga pendidikan PP Miftahul Huda dalam membentuk akhlak para santrinya melalui keteladanan mendidik melalui pengajaran disiplin dan motivasi serta ajaran tasawuf (3) Hambatan yang dihadapi PP Miftahul Huda dalam membentuk akhlak para santrinya dibagi menjadi dua yaitu hambatan internal dan eksternal (4) Relevansi peran lembaga pendidikan PP Miftahul Huda dalam membentuk akhlak para santrinya pada Pendidikan IPS melalui penerapan teori pengendalian sosial dan mengimplementasikan pada kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMP/MTs. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menggali tentang pembentukan akhlak di PP Miftahul Huda dengan menggunakan perspektif penelitian yang berbeda. Peneliti selanjutnya juga dapat menfokuskan penelitiannya pada kehidupan sosial ekonomi para santri interaksi santri dengan lingkungannya di PP Miftahul Huda Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55871

Actions (login required)

View Item View Item