Peranan orang tua dalam upaya mengatasi kecanduan game online siswa SMP Negeri 20 Malang / Khrisna Ganestya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan orang tua dalam upaya mengatasi kecanduan game online siswa SMP Negeri 20 Malang / Khrisna Ganestya

Ganestya, Khrisna (2016) Peranan orang tua dalam upaya mengatasi kecanduan game online siswa SMP Negeri 20 Malang / Khrisna Ganestya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ganestya Khrisna. 2016. Peranan Orang Tua dalam Upaya Mengatasi Kecanduan Game Online Siswa SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Dewa Putu Eskasasnanda S.Ant M.A. (II) Dr. GM Sukamto M.Pd M.Si. Kata Kunci Orang Tua Kecanduan Game Online Siswa Lingkungan keluarga merupakan tempat utama untuk mengajarkan anak bersosialisasi demi mencapai keinginannya di masa depan.Lingkungan keluarga sangat erat kaitannya dengan orang tua. Peranan orang tua sebagai filter dalam hal-hal yang dipelajari anak sangat penting agar apa yang dipelajari sesuai dengan yang dibutuhkan oleh anak. Game online adalah salah satu hal yang harus mendapat filter dari orang tua dan dapat berdampak buruk bagi anak dalam upaya menyiapkan kehidupan yang akan datang. Game online merupakan salah satu permainan modern yang sekarang marak dikalangan para remaja di Indonesia khususnya para pelajar.Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengetahui pemahaman orang tua terhadap game online (2) Mengetahui dampak positif dan negatif dari game online (3) mengetahui langkah-langkah yang dilakukan dalam mengatasi dampak negatif dan mengakomodir dampak positif dari game online. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data terdiri dari observasi wawancara dokumentasi dan studi pustaka.Informan dalam penelitian ini adalah orang tua siswa SMPN 20 Malang pecandu game online. Analisis data menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Orang tua siswa SMPN 20 Malang pecandu game online telah mengetahui game online sejak kuliah dan dari anak mereka yang sering memainkannya. Orang tua awalnya menganggap game online biasa saja namun lama-kelamaan dampak negatif yang ditimbukan akibat kecanduan game online ini semakin dirasakan. Sebagai indikasinya anak menjadi lupa waktu anak sering berkata kotor dan dapat mengganggu kesehatan tubuh terutama di bagian mata dan punggung. (2)Sebagai orang yang paling merasa bertanggung jawab terhadap masa depan anak. Orang tua siswa SMPN 20 Malang pecandu game online mencoba mengatasi dampak negatif game online. Usaha yang dilakukan yaitu memberikan nasihat agar tidak selalu bermain game online memberikan kesibukan dengan tugas membersihkan rumah diikutsertakan dalam kegiatan positif seperti ekstrakurikuler mengajak berekreasi dan bahkan ada orang tua yang sampai mengurangi uang saku anak (3) Seluruh orang tua siswa SMPN 20 Malang pecandu game online menggunakan pola asuh demokratis karena pola asuh ini berjalan dalam suasana rileks dan memiliki kecenderungan untuk menghasilkan produktivitas.. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pola asuh yang demokratis dan komunikatif peranan orang tua dalam upaya mengatasi kecanduan game online menjadi penting karena anak menjadi mudah memahami apa yang ingin orang tua terapkan kepada mereka. Saran yang dapat diberikan adalah bagi penelitian yang akan datang agar dapat membahas peran serta sekolah dalam upaya mengatasi kecanduan game online di kalangan siswa pecandu game online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55870

Actions (login required)

View Item View Item