Pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan dampaknya pada perilaku siswa di SMP Negeri 15 Malang Kecamatan Sukun Kota Malang / Nur Wakhidah Lailatul Ramadiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan dampaknya pada perilaku siswa di SMP Negeri 15 Malang Kecamatan Sukun Kota Malang / Nur Wakhidah Lailatul Ramadiana

Ramadiana, Nur Wakhidah Lailatul (2016) Pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan dampaknya pada perilaku siswa di SMP Negeri 15 Malang Kecamatan Sukun Kota Malang / Nur Wakhidah Lailatul Ramadiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadiana Nur Wakhidah Lailatul. 2016.Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Dampaknya pada Perilaku Siswa di SMP Negeri 15 Malang Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi. Prodi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial.Universitas Negeri Malang. Pemimbing (I) Drs. Soetjipto S.H. M.Pd. (II) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D. Kata Kunci Ilmu Pengetahuan Sosial Perilaku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan integrasi dari berbagai kajian atau aspek diantaranya geografi sejarah ekonomi sosial budaya politik serta ilmu sosial lainnya. Melalui pembelajaran IPS di jenjang pendidikan SMP/MTs peserta didik diharapkan mampu memahami dan peka terhadap kehidupan sehari-hari dapat memperoleh pengalaman langsung. Adanya pembelajaran IPS tentunya akan berdampak pada perilaku siswa di lingkungan sekolah dampak tersebut bisa perubahan perilaku. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pemahaman guru IPS SMP Negeri 15 Malang Kecamatan Sukun Kota Malang tentang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 15 Malang Kecamatan Sukun Kota Malang (3) Bagaiamana dampakpembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada perilaku siswa di SMP Negeri 15 Malang Kecamatan Sukun Kota Malang Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Negeri 15 Malang. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang berasal dari observasidan wawancara dengan guru IPS sedangkan sumberdata sekunderberasal dari analisis dokumenyaitu RPP. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yag digunakanyaituanalisis data interaktif MilesdanHuberman yang terdiridari pengumpulan data reduksi data penyajian data danverifikasi.Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan kecukupan bahan referensi dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)secara umum guru IPS memahami tentang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan tujuan pembelajaran IPS serta dalam pelaksanaan pembelajaran IPS guru mengkaitkan dalam kehidupan sehari-hari (2)sebelum melaksanakan pembelajaran IPS guru menyusun RPP sebagai dasar atau acuan agar pembelajaran lebih terarah. Saat pelaksanaan pembelajaran IPS pada dasarnya guru menerapkan tiga komponen kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup tetapi tidak sama persis apa yang tertera didalam RPP. Penilaian pembelajaran yang digunakan yaitu penilaian kinerja portofolio dan sikap (afektif) dan (3) dampak pembelajaran IPS pada perilaku siswa sebagian besar berdampak positif karena siswa semakin memiliki rasa cinta lingkungan hidup memiliki pengetahuan tentang lingkungan alam dan sosial seacra riil memiliki rasa nilai-nilai sosial seperti solidaritas kerja sama percaya diri mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55863

Actions (login required)

View Item View Item