Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah

Afiyah, Annisa'ul (2016) Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afiyah Annisa ul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Make a Macth Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 9 Malang pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D. (2) Drs. Soetjipto S.H. S.E. M.Pd. Kata kunci motivasi belajar hasil belajar pembelajaran kooperatif make a macth Kualitas kehidupan bangsa sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikannya. Kurikulum 2013 yang menekankan pada proses pembelajaran siswa aktif guru fasilitator. Model pembelajaran make a macth termasuk pada metode pembelajaran kooperatif yang mengutamakan kekompakan dan kerjasama antar anggota kelompok untuk kesuksesan bersama. Model pembelajaran make a macth dapat digunakan dalam semua mata pelajaran dan menyenangkan. Perbedaaan metode pembelajaran kooperatif dan metode pembelajaran ceramah ialah jika model kooperatif menggunakan interaksi satu arah sedangkan pada metode kooperatif menggunakan interaksi yang mendorong kesusksesan antar individu.Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model make a macth dengan siswa yang dibelajarkan dengan model ceramah 2) hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model make a macth dengan siswa yang dibelajarkan dengan model ceramah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi experiment design) yang termasuk pendekatan penelitian kuantitatif dan rancangan deskriptif. Rancangan eksperimen semu digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi perlakuan yang berbeda. Rancangan penelitian deskriptif digunakan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran make a macth dan motivasi belajar siswa.Populasi dari penelitian ini siswa VIII SMPN 9 Malang tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menenjukkan bahwa ada perbedaaan motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model make a macth dengan siswa yang dibelajarkan dengan model ceramah. Perbedaan tersebut ditunjukkan pada nilai rata-rata motivasi belajar pada kelas eksperimen ( 60 9 kelas kontrol ( 54 4). Dan hasil dari uji hipotesis pada hasil belajar menunjukkan perolehan nilai 0 032 0 05 artinya ditolak. Artinya ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe make a macth dengan motivasi siswa yang dibelajarkan menggunakan metode ceramah. saran untuk peneliti selanjutnya Sebaiknya mencobakan make a macth dipadukan dengan media yang lain seperti mind mapping. Jadi hasil diskusi kelompok siswa setelah presentasi dibuat mind mapping. Tetapi harus juga mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan pada penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55855

Actions (login required)

View Item View Item