Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 12 Malang / Ima Rosyida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 12 Malang / Ima Rosyida

Rosyida, Ima (2016) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 12 Malang / Ima Rosyida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyida Ima. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 12 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D. (II) Drs. Soetjipto S.H. M.Pd. Kata Kunci Mind Mapping Hasil Belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) sangat penting bagi siswa karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari manusia baik masa lampau masa sekarang dan masa yang akan datang. Permasalahan dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 12 Malang adalah model pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Hal tersebut berakibat pada tidak optimalnya pemusatan perhatian pada kemampuan yang harus dikuasai menjadi rendah termasuk juga hasil belajar yang kurang maksimal. Berdasarkan data awal yang diperoleh hanya 20% atau 6 siswa yang mencapai ketuntasandengan KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Model pembelajaran dengan menggunakan Mind Mapping merupakan solusi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 12 Malang karena model Mind Mapping memudahkan siswa untuk mengingat informasi melalui gambar garis atau warna yang dibuat secara bervariasi dengan kreatifitas masing-masing peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Malang (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Malang . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research).Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Malang. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pada ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa pada setiap siklus. Pada siklus I hasil post test menunjukkan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 63% atau 19 siswa. Pada siklus II hasil post test menunjukkan ketuntasan klasikal meningkat lagi menjadi 93% atau 28 siswa. Kinerja guru dan siswa dalam mengikuti pembelajaran juga meningkatkan pada setiap pertemuan di setiap siklusnya Dari hasil penelitian diatas saya bisa memberikan saran kepada khususnya guru mata pelajaran IPS bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menarik dan menyenangkan.Kendala yang dihadapi pada saat penelitian dilakukan adalah kurangnya pemahaman siswa tentang Mind Mapping. Tugas guru adalah memberi instruksi yang jelas serta memberi pemahaman kepada siswa baik tentang materi pembelajaran maupun dalam pembuatan Mind Mapping agar keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Mind Mapping berhasil dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55848

Actions (login required)

View Item View Item