Pengendalian sosial Badan Narkotika Nasional dalam upaya mewujudkan Kota Malang bebas dari penyalahgunaan narkotika / Muhammad Khoiruddin Alkaf

Alkaf, Muhammad Khoiruddin (2016) Pengendalian sosial Badan Narkotika Nasional dalam upaya mewujudkan Kota Malang bebas dari penyalahgunaan narkotika / Muhammad Khoiruddin Alkaf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alkaf, Muhammad Khoiruddin. 2016. PengendalianSosialBadan Narkotika Nasional dalam Upaya Mewujudkan Kota Malang Bebas Dari Penyalahgunaan Narkotika. Skripsi,Prodi Pendidikan IPS,FakultasIlmuSosial,UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) I DewaPutuEskasasnanda, S.Ant.,M.Ant, (II) Dr. I Nyoman Ruja, S.U Kata Kunci :Pengendalian Sosial, Badan Narkotika Nasional, Penyalahgunaan Narkotika, Kota Malang BNN berfungsi sebagai lembaga pengendalian sosial. Pengendalian sosial dalam lingkup mencegah penyalahgunaan narkotika, merehabilitasi penyalahguna narkotika dan memberantas penyalahgunaan narkotika. Kota Malang yang memiliki julukan sebagai kota pendidikan bukan menjadi sebuah jaminan kota ini terhindar dari penyalahgunaan narkotika. Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptif kualitatifdenganmenggunakanjenispenelitianstudi kasus. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Lokasi penelitiandi Kantor Badan Narkotika Nasional Kota Malang. Sumber data menggunakanduajenis data berdasarkansumbernyayaitusumber data primer dansumberdata sekunder.ProsedurPengumpulan Data dilakukan denganobservasi, wawancara, dandokumentasi.Model analisis data menggunakan Miles danHuberman.Pengecekankeabsahandilakukandenganperpanjanganpengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian mencakup tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan penulisan laporan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipaparkan (1) Karakteristik pengguna penyalahgunaan narkotika terbanyak pada umur dewasa yaitu 30 tahun keatas, berjenis kelamin laki-laki, pekerja swasta dan berasal dari tingkat pendidikan Sd sampai perguruan tinggi (2) Persebaranpenyalahgunaannarkotika di Kota Malangmerata di setiap kecamatan yang ada di wilayah Kota Malang. (3)Pengendalian sosial BNN terhadap pencegahan penyalahgunaan narkotika berdasarkan tujuannya yaitu dengan tujuan eksploatatif,tujuan regulatif dan tujuan konstruktif. Berdasarkan sifatnya, pengendalian sosial BNN mempunyai sifat yaitu dengan sifat preventif dan represif. Berdasarkan caranya, pengendalian sosial BNN mempunyai 2 (dua) cara yaitu dengan cara persuasif dan dengan carakoersif. (4) Hambatan yang dialami BNN dalam pengendalian sosial mencegah penyalahgunaan narkotika di Kota Malang terdiri dari dua bentuk yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Solusi yang dilakukan BNN Kota Malang dalam mengatasi hambatan yang dialami yaitu dengan melakukan koordinasi dengan instansi lain, memaksimalkan fasilitas yang ada dan pemanfaatan sarana pribadi, memaksimalkan anggaran yang ada dan Lebih memperkenalkan BNN. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkaji mengenai respon dari masyarakat terhadap BNN. Hal ini dirasa penting karena dalam penelitian ini peneliti hanya berfokus pada studi kasus BNN Kota Malang dalam upaya mewujudkan Kota Malang bebas dari penyalahgunaan narkotika. Jadi peneliti selanjutnya bisa melengkapi dan menguji dengan melakukan penelitian mengenai respon masyarakat terhadap kinerja BNN Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55847

Actions (login required)

View Item View Item