Kehidupan anak putus sekolah di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang / Rosyda Marfuah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kehidupan anak putus sekolah di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang / Rosyda Marfuah

Marfuah, Rosyda (2016) Kehidupan anak putus sekolah di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang / Rosyda Marfuah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marfuah Rosyida. 2016. KehidupanAnakPutusSekolah di KelurahanKotalamaKecamatanKedungkandang.Skripsi Pendidikan IPS FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I NyomanRuja S.U. (II) Dra. Hj. SitiMalikhahTowaf M.A. Ph.D. Kata Kunci putussekolah polaasuh kemiskinan Pendidikanmerupakansalahsatualatuntukmencapaitarafhidup yang lebihsejahtera.Pendidikanberbandinglurusdenganhasilsumberdayamanusia Indonesia karenawarga-warga Indonesia yang akanmembawa Indonesia lebihmaju terutamadalamlingkupinternasional. Banyaknyaanak-anak yang putussekolahmenjadibuktibahwa Indonesia belummampumembangungenerasinyadenganbaik.Rumusanmasalahpenelitianini 1) Bagaimanakarakteristikanakputussekolah di KelurahanKotalamaKecamatanKedungkandang 2) Apasajaaktivitasanakputussekolahdalamkesehariannya 3) Bagaimanapolaasuh orang tuaanakputussekolah di KelurahanKotalamaKecamatanKedungkandang 4) Motivasianakputussekolah di KelurahanKotalama Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanmerupakanjenispenelitianstudikasus. Data penelitian yang berupapaparan data dalambentukdeskripsikehidupananakputussekolah.Mulaidarifaktorkemandirian bullying danekonomi yang menyebabkanmerekaputussekolah aktivitasanak-anakputussekolahsetelahmerekamemutuskanuntukputussekolah model-model komunikasiantaraanakdengan orang tua.Motivasimerekasetelahakhirnyamendapatkanpendidikan yang rendah.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikwawancaradanobservasi.Narasumber yang digunakanyaituanakputussekolahdan orang tuaanakputussekolah guru SDN Kotalama 5 Malang.Kegiatananalisis data dimulaidaritahappengumpulan data reduksi data penyajian data danpenarikankesimpulansertaverifikasi. Berdasarkananalisis data tersebut diperolehhasil 1) Usiaanakputussekolah di KelurahanKotalamayaituantara 13-15 tahun 2) Mata pencaharianmerekamayoritasadalahpengangguran paling tinggipekerjaanmerekayaitusebagaitambal ban 3) Aktivitassehari-harimerekayaitubermainsatuharipenuh mengamen danmengaji 4) Polaasuh orang tua yang kurangberkomunikasidengananak 5) Anakputussekolah di KelurahanKotalamakurangmotivasidankerjakerasuntukmencapaikeinginanmerekaselanjutnya. Saran bagipenelitiselanjutnya yang hendakmenelititema yang samasebaiknyameneliti di tempat yang berbedadanmenggunakansosiologipendidiksebagaiinformanuntukmengetahuibagaimanapolapikiranak yang masihterombang-ambinghinggamemilikikecerdasanemosional yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55845

Actions (login required)

View Item View Item