Sari, Arum Patria (2016) Implementasi program wajib belajar 9 tahun di Desa Wonorejo Kecamatan Singosari / Arum Patria Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Arum Patria. 2016. Implementasi Program Wajib Belajar 9 Tahun di Desa Wonorejo Kecamatan Singosari. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nyoman Ruja S.U (2) Dra. Hj. Siti Malikhah Thowaf M.A. Ph.D Kata kunci Pendidikan Wajib Belajar 9 Tahun Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam pembangunan bangsa. Sumber daya manusia yang berkualitas hanya akan terwujud dari pendidikan yang berkualitas pula. Strategi pemerataan pendidikan mendapatkan prioritas karena pada kenyataannya masih banyak anak Indonesia di pedesaan yang belum mengenyam pendidikan terutama di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Langkah pemerintah dalam menangani masalah pemerataan pendidikan di Indonesia dengan dicanangkannya gerakan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun.Pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun di Desa Wonorejo terdapat beberapa faktor penghambat antara lain keadaan ekonomi keadaan lingkungan sosial budaya sarana faktor kesehatan dan fasilitas pendidikan serta motivasi masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun di Desa Wonorejo Kecamatan Singosari (2) Apa saja yang menjadi faktor-faktor penghambat terlaksananya program wajib belajar 9 tahun di Desa Wonorejo Kecamatan Singosari (3) Apa solusi dan harapan masyarakat dalam mengatasi masalah program wajib belajar 9 tahun di Desa Wonorejo Kecamatan Singosari Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun di Desa Wonorejo Kecamatan Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti dalam penelitian sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data sampai pada tahap laporan hasil. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder dengan subyek dan informan peneliti terbagi menjadi informan kunci dan informan pendukung yang dipilih secara purposif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan adalah tahap persiapan tahap rancangan penelitian tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Hasil penelitian pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun di Desa Wonorejotelah mengalami perubahan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Faktor-faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun di Desa Wonorejo Kecamatan Singosari yaitu faktor ekonomi faktor lingkungan sosial budaya faktor sarana dan fasilitas pendidikan faktor kesehatan dan faktor motivasi masyarakat terhadap pendidikan. Solusi untuk mengatasi masalah penghambat pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun yaitu dengan mendirikan SMPN 04 Singosari Satu Atap memberikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan mendirikan kelompok belajar.Saran penulis pada penelitian selanjutnya dapat disertakan adanya faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan Program Wajib Belajar 9 Tahun. Penelitian ini hanya meneliti pada satu SMP yang terdapat di wilayah Wonorejo maka pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat dilakukan pula penelitian-penelitian di SMP lain yang menjadi tempat bersekolah masyarakat Desa Wonorejo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |