Pengaruh keaktifan pengurus ekstrakulikuler pramuka terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Agus Budi Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keaktifan pengurus ekstrakulikuler pramuka terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Agus Budi Prasetyo

Prasetyo, Agus Budi (2016) Pengaruh keaktifan pengurus ekstrakulikuler pramuka terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Agus Budi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Agus Budi. 2016. Pengaruh Keaktifan Pengurus Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D. (II) Drs. Soetjipto S.H M.Pd. Kata Kunci Organisasi Ekstrakurikuler Pramuka Hasil Belajar IPS. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana keaktifan Pengurus Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang (2) Bagaimana hasil belajar Pengurus Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang (3) Apakah ada pengaruh keaktifan Pengurus Ekstrakurikuler Pramuka terhadap hasil belajar Mata Pelajaran IPS di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang Terdapat 35 pengurus ekstrakurikuler pramuka yang dijadikan sebagai populasi dalam penelitian. Hal ini dilakukan karena populasi dibawah dari 50. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi nilai belajar siswa. Sebelum kuisioner disebar terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya untuk analisis data dilakukan dengan uji regresi sederhana namun sebelum itu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas data dan uji liniearitas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Tingkat keaktifan Pengurus Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang memiliki distribusi frekuensi sebagai berikut terdapat 4 siswa dengan kategori sangat aktif atau sebesar 12%. Selanjutnya terdapat 10 siswa dengan kategori aktif dalam organisasi atau sebesar 28%. Sedangkan untuk responden pada kategori cukup aktif adalah 14 responden atau 40% dan kategori kurang aktif adalah 7 responden atau 20%. Hasil belajar Pengurus Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang yang di dapat dari hasil UTS adalah sebagai berikut terdapat 6 responden mendapat kategori nilai sangat tinggi atau presentasenya 17%. Selanjutnya terdapat 10 responden dengan kategori tinggi atau 34% terdapat 7 responden kategori sedang atau 20% terdapat 6 responden kategori rendah atau 17% dan terdapat 6 responden kategori sangat rendah atau 17%. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana diketahui nilai signifikansi 0 003 0 05 (level of significant). Sehingga kesimpulan hipotesisnya yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Makna dari hipotesis tersebut adalah ada pengaruh antara keaktifan Pengurus Ekstrakurikuler Pramuka dengan hasil belajar Mata Pelajaran IPS. Selanjutnya untuk saran dalam penelitian ini khususnya kepada Pengurus Ekstrakurikuler Pramuka adalah tetap aktif dalam mengikuti organisasi dan pandai dalam mengatur jadwal belajar. Selain itu perlu ada penambahan pembina pramuka sehingga setiap jenjang kelas bisa mengikuti kegiatan wajib pramuka dan mendapatkan materi tentang kepramukaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55837

Actions (login required)

View Item View Item