Analisis lembar kerja siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial jenjang kelas VII semester ganjil yang disusun MGMP Kota Malang tahun pelajaran 2015-2016 / Iin Mai Syaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis lembar kerja siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial jenjang kelas VII semester ganjil yang disusun MGMP Kota Malang tahun pelajaran 2015-2016 / Iin Mai Syaroh

Syaroh, Iin Mai (2016) Analisis lembar kerja siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial jenjang kelas VII semester ganjil yang disusun MGMP Kota Malang tahun pelajaran 2015-2016 / Iin Mai Syaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syaroh Iin Mai. 2016.Analisis Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Jenjang Kelas VII Semester Ganjil yang disusun MGMP Kota Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soetjipto S.H. M.Pd. (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata Kunci analisis lembar kerja siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Lembar Kerja Siswa diartikan sebagai salah satu bahan ajar yang berbentuk lembaran-lembaran. LKS berisi tugas - tugas mandiri yang dilengkapi dengan ringkasan materi dan panduan (langkah-langkah) menyelesaikannya. Seluruh SMP Negeri di Kota Malang menggunakan LKS sebagai salah satu bahan ajar wajib sehingga perlu dianalisis kualitasnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis danmendiskripsikan kualitas LKS. Aspek yang dianalisis dan didiskripsikanmeliputi kelengkapan komponen materi soal dan bahasa pada LKS. Data dikumpulkan melalui analisis terhadap isi LKS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan teknik analisis isi. Yang diteliti adalah lembar kerja siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial jenjang kelas VII semester ganjil yang disusun MGMP Kota Malang tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas kelengkapan komponen LKS tergolong sedang dengan persentase sebesar 62 5 %. (2). Kualitas kesesuaian materi LKS tergolong tinggi dengan persentase sebesar 100 %. (3). Kualitas aspek kesesuaian soal-soal latihan pada LKS tergolong tinggi dengan persentase sebesar 79 69 %. (4). Kualitas kesesuaian penggunaan bahasa pada LKS tergolong sedang dengan persentase sebesar 72 58 %. LKS yang disusun oleh MGMP IPS Kota Malang terdapat beberapa kekurangan. Terutama pada aspek kelengkapan kompenen dan penggunaan bahasa dalam LKS. Tim MGMP diharapkan melakukan revisi pada LKS tersebut. Revisi dilakukan agar siswa dan guru menjadi mudah dalam menggunakan dan memahami. Bagi guru mata pelajaran IPS sebaiknya meneliti terlebih dahulu isi dan kualitas bahan ajar yang akan digunakan serta mampu memberikan masukan kepada penyusun apabila ada kesalahan. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55836

Actions (login required)

View Item View Item