Khoiron, Muhammad (2016) Pengalaman dan problematika guru IPS dalam membuat media pembelajaran berbasis TIK di SMP Brawijaya Smart School Malang / Muhammad Khoiron. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khoiron Muhammad. 2016. Pengalaman dan Problematika Guru IPS dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis TIK di SMP Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sukamto M.Pd M.Si. (II) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D. Kata Kunci Fenomenologi Media Pembelajaran Teknologi Guru Menggunakan teknologi dalam pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Salah satunya adalah menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Namun fenomena yang muncul guru banyak mengalami problematika ketika membuat media pembelajaran berbasis TIK. Rumusan masalah penelitian ini 1) Apa Problematika Guru IPS di SMP BSS dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis TIK 2) Apa Penyebab Munculnya Problematika Guru IPS di SMP BSS dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis TIK 3) Bagaimana Guru IPS di SMP BSS Menyikapi Problematika dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis TIK 4) Apa Upaya yang Diharapkan Guru IPS di SMP BSS Agar Problematika dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis TIK Dapat Teratasi Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer berasal dari wawancara data sekunder berasal dari analisis dokumen maupun observasi partisipatoris. Prosedur pengumpulan data primer dilakukan dengan mewawancarai si experiencer (guru IPS di SMP BSS). Pengumpulan data sekunder dari analisis dokumen didapatkan dengan meminta profil sekolah foto kegiatan sekolah data inventaris sekolah dan perangkat pembelajaran dari pihak yang berangkutan dan prosedur pengumpulan data dari observasi partisipatoris adalah data berupa foto dan video penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik dari Edmund Husserl dengan tahapan Transkripsi Horizonaliztion Cluster of Meaning dan Reflection. Hasil penelitian ini 1) Guru IPS di SMP BSS menyadari pentingnya media pembelajaran berbasis TIK 2) Guru IPS di SMP BSS dalam membuat media pembelajaran berbasis TIK mengalami problematika berupa kesulitan mengoperasikan software mediadan mengikuti arus perkembangan teknologi 3)Problematika tersebut muncul disebabkan oleh kurangnya pembiasaan usia tidak adanya pendamping perbedaan generasi banyaknya tugas tambahan dan kurangnya waktu 4) Menyikapi problematika yang muncul guru IPS di SMP BSS mengambil sikap dengan melakukan manajemen waktu dan juga semangat terus belajar media pembelajaran berbasis TIK 5) Guru IPS di SMP BSS mengharapkan upaya-upaya dari instansi agar problematika yang mereka hadapi dapat teratasi. Saran bagi peneliti selanjutnya yang hendak meneliti mengenai tema yang sama sebaiknya meneliti dari posisi yang berbeda. Misalkan dari sudut pandang pemerintah instansi pendidikan dan pemerhati pendidikan. Selain itu peneliti selanjutnya juga bisa menggunakan pendekatan atau metode penelitian yang berbeda dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |