Sinergi ekstrakulikuler pramuka dengan pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter siswa di SMP Plus Al-Kautsar Blimbing Malang / Arif Mustaqim - Repositori Universitas Negeri Malang

Sinergi ekstrakulikuler pramuka dengan pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter siswa di SMP Plus Al-Kautsar Blimbing Malang / Arif Mustaqim

Mustaqim, Arif (2016) Sinergi ekstrakulikuler pramuka dengan pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter siswa di SMP Plus Al-Kautsar Blimbing Malang / Arif Mustaqim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustaqim Arif. 2016. Sinergi Ekstrakurikuler Pramuka dengan Pembelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter siswa di SMP Plus Al-Kautsar Blimbing Malang.Skripsi Prodi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soetjipto S.H M.Pd. (II) Dr. Siti Malikah Thowaf M.A. Kata Kunci Sinergi Ekstrakurikuler Pramuka Pendidikan Karakter Pendidikan karakter telah lama menjadi perhatian pemerintah setiap pembelajaran harus mempunyai karakter yang di bangun. Nilai-nilai yang dikembangkan dalam pembelajaran IPS untuk membangun karakter siswa seperti religius saling menghargai jujur disiplin tanggung jawab toleransi gotong royong santun percaya diri toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya. Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman bertakwa berakhlak mulia berjiwa patriotik taat hukum disiplin menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup. Penelitian ini dilaksanakan untuk memecahkan masalah perencanan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka yang membantuk karakter siswa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam pembentukan karakter siswa dan sinergi ekstrakurikuler pramuka dengan pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter siswa di SMP Plus al-kautsar Blimbing Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara semi terstruktur mencari dokumentasi. Kegiatan menganalisis data melalui tiga llangkah yaitu reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Tahapan yang di lakukan dalam penelitian meliputi tahap persiapan pelaksanaan dan pelaporan. Penelitian menghasilkan 3 (tiga) simpulan yaitu 1) Perencanaan kegiata Ekstrakurikuler Pramuka yang mencerminkan karakter dilakukan oleh Pembina Selanjutnya di konsultasikan kepada kepala sekolah atau Kamabigus untuk disetujui dan dilaksanakan. Hasil dari perencanaan kegiatan pembentukan karakter Ekstrakurikuler Pramuka yaitu Latihan Rutin Pengujian SKU Latihan Khusus Regu Inti Character Camp Lomba. 2) Pelaksanaan pembentukan karakter Ekstrakurikuler Pramuka yaitu Latihan Rutin Pengujian SKU Latihan Khusus Regu Inti Character Camp Lomba.Character Camp kegiatan pembentukan karakter siswa menjadi lebih religius mandiri berani disiplin peduli sosial peduli lingkungan disiplin menghargai satu dengan lainya. 3) Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan Pembelajaran IPS mempunyai kesamaan pada pembentuka karakter yang saling berkaitan dan berhubungan serta saling menguatkan atau bersinergi sehingga pembentukan karekter siswa dapat berjalan dengan lebih baik. Sinergi antara pendidikan karakter dalam kepramukaan dan PIPS akan memperkuat jati diri generasi muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55832

Actions (login required)

View Item View Item