Interaksi sosial pengidap HIV/AIDS (ODHA) di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Alifa Ashadiyah Dimastiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi sosial pengidap HIV/AIDS (ODHA) di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Alifa Ashadiyah Dimastiwi

Dimastiwi, Alifa Ashadiyah (2016) Interaksi sosial pengidap HIV/AIDS (ODHA) di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Alifa Ashadiyah Dimastiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dimastiwi Alifa Ashadiyah. 2016. Interaksi Sosial Pengidap HIV/AIDS di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Dewa Putu Ekasasnanda S.Ant M.A (II) Dr. Sukamto M.Pd M.Si Kata kunci Interaksi sosial HIV/AIDS Prigen Stigma negatif tentang HIV/AIDS membuat orang yang terinfeksi HIV mengalami kesulitan dalam berinteraksi di tengah lingkungan masyarakat begitu pula yang terjadi di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Informan pengidap HIV/AIDS yang berasal dari Kecamatan Prigen menyatakan jika dalam berinteraksi mereka berusaha untuk terlihat sehat agar orang lain tidak curiga terhadap status HIV positif mereka. Pengidap HIV/AIDS berusaha menutupi status HIV positif mereka dengan tujuan agar mereka tidak dijauhi dari pergaulan di tengah masyarakat. Kaitan penelitian ini dengan matapelajaran IPS di SMP yaitu pada KTSP 2006 penelitian masuk dalam materi kelas VIII tentang Masalah Penyimpangan Sosial dengan submateri Berbagai Penyakit Sosial sebagai Akibat Penyimpangan Sosial dalam Keluarga dan Masyarakat dengan sub-sub materi HIV/AIDS sementara pada kurikulum 2013 penelitian ini dapat menjadi tambahan pemikiran dan informasi dalam kompetensi dasar (KD) 3.4 Dinamika Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam Sosial Budaya dan Ekonomi . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan penularan infeksi HIV/AIDS di Kecamatan Prigen (2) Bagaimana interaksi sosial pengidap HIV/AIDS (ODHA) di Kecamatan Prigen dengan Masyarakat Sekitar (3) Bagaimana Pengidap HIV/AIDS (ODHA) di Kecamatan Prigen Mengatasi Kesulitan dalam Berinteraksi dengan Masyarakat Sekitar Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di wilayah Kecamatan Prigen dan di Klinik VCT CST RSUD Bangil.Ada dua sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.Sumber data primer yaitu pengidap HIV/AIDS Kecamatan Prigen sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui berbagai literatur. Prosedur pengumpulan data dengan observasi wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis datamenggunakan model Miles and Huberman dengan tahapan (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) membuat kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap persiapan tahap pelaksanaan tahap pengolahan data dan analisis data dan tahap pelaporan. Saran bagi peneliti yang akan meneliti dengan tema HIV/AIDSdapat meneliti hal lain yang belum banyak dibahas dalam penelitian.Seperti adakah pengaruh kegiatan pariwisata terhadap persebaran virus HIV di Kecamatan Prigen mengingat Kecamatan Prigen merupakan daerah wisata. Selain itu penelitian selanjutnya juga dapat meneliti hal lain yaitu bagaimana pengaruh pengetahuan dan sikap warga Kecamatan Prigen terhadap penularan HIV/AIDS di Kecamatan Prigen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55827

Actions (login required)

View Item View Item