Analisa perubahan sosial ekonomi pasar tradisional (studi pada pasar terpadu Dinoyo pasca relokasi pasar penampungan Merjosari Kota Malang) / Diah Permatasari

Permatasari, Diah (2019) Analisa perubahan sosial ekonomi pasar tradisional (studi pada pasar terpadu Dinoyo pasca relokasi pasar penampungan Merjosari Kota Malang) / Diah Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Permatasari, Diah, 2019. Analisa Perubahan Sosial Ekonomi Pasar Tradisional (Studi Pada Pasar Terpadu Dinoyo Pasca Relokasi Pasar Penampungan Merjosari Kota Malang). Skripsi, Jurusan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Nur Hadi, M.Pd, M.Si. Kata Kunci : Perubahan Sosial, Relokasi, Pasar Tradisional Kota Malang sebagai salah satu kota padat penduduk di provinsi Jawa Timur sedang gencar melakukan upaya pembangunan, salah satunya pembangunan pasar di bidang trading atau perdagangan. Tercatat sebanyak sebanyak 6 dari 28 pasar tradisional yang ada di Kota Malang sedang dalam proses revitalisasi oleh pemkot dengan menggunakan pembiayaan APBN dan APBD, berbeda dengan keenam pasar tersebut Pasar Dinoyo justru di revitalisasi menggunakan pembiayaan dari pihak swasta. Namun hal itu tidak berjalan mulus karena setelah revitalisasi selesai, terjadi konflik dan kontravensi pada tahap relokasi kedua pada tahun 2017 lalu, tentu fenomena tersebut menimbulkan perubahan sosial pada pasar tradisional. Dengan latar belakang tersebut, tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan proses relokasi Pasar Penampungan Merjosari (PPM) sebagai perubahan sosial, (2) Mendeskripsikan bentuk perubahan sosial ekonomi pada pasar tradisional PTD (Pasar Terpadu Dinoyo) pasca relokasi PPM (Pasar Penampungan Merjosari). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pemilihan lokasi penelitian pada Pasar Terpadu Dinoyo, dengan sumber data primer yakni pihak pengelola Pasar Terpadu Dinoyo serta Paguyuban Pedagang P3DKM sebagai informan kunci dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu (1) Dalam proses relokasi pedagang Pasar Penampungan Merjosari mengalami perpecahan menjadi dua yakni pedagang yang pro dan memilih relokasi menuju Pasar Terpadu Dinoyo, dan pedagang yang kontra dan memilih relokasi menuju Pasar Desa Landungsari (2) Terdapat 6 bentuk perubahan sosial yang terjadi pada Pasar Terpadu Dinoyo pasca relokasi Pasar Penampungan Merjosari yakni Hilangnya PKL Liar Pasar Terpadu Dinoyo, Perkembangan Zonasi Pasar Terpadu Dinoyo, Berkembangnya Sistem serta Fungsi Kelembagaan Pedagang KOPASDIN dan P3DKM, Menurunnya eksistensi operasional Dokar dan Bentor sebagai alat transportasi tradisional pada Pasar Terpadu Dinoyo, Meningkatnya Pendapatan Pedagang, serta Menurunnya Pendapatan Pedagang. Saran diberikan kepada pemerintah khususnya Dinas Perdagangan Kota Malang agar senantiasa memahami perubahan sosial ekonomi yang terjadi pada Pasar Tradisional, serta diharapkan Dinas terkait dapat mengoptimalkan pengawasan terhadap pengoperasian Pasar Tradisional sehingga dapat memutuskan kebijakan-kebijakan yang lebih baik lagi di masa mendatang guna meningkatkan kesejahteraan Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55824

Actions (login required)

View Item View Item