Peran ganda perempuan dalam home industry keramik (studi Kampung WIsata Keramik Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang) / Husnul Khotimah

Khotimah, Husnul (2019) Peran ganda perempuan dalam home industry keramik (studi Kampung WIsata Keramik Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang) / Husnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khotimah, Husnul. 2019. Peran Ganda Perempuan dalam Home Industry Keramik (Studi Kampung Wisata Keramik Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Skripsi, Jurusan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Anggaunitakiranantika, M.Sosio. Kata Kunci: Peran ganda, Perempuan, Home industry keramik. Esensi kesetaraan gender telah mampu memberikan dampak yang begitu hebat, sehingga eksistensi sistem budaya patriarki dalam adat Jawa semakin lama secara bertahap mulai bergeser. Senada dengan perkembangan home industry keramik Dinoyo ini maka banyak dijumpai perempuan yang berkecimpung dalam produksi keramik. Pekerjaan pada home industry keramik ini menjadi aktivitas yang rutin dikerjakan oleh perempuan ditengah-tengah kewajiban dan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana makna bekerja bagi pekerja perempuan dalam home industry keramik Dinoyo?, (2) bagaimana beban kerja ganda perempuan yang bekerja dalam home industry keramik Dinoyo?, (3) bagaimana strategi yang dilakukan oleh perempuan yang bekerja dalam home industry keramik Dinoyo untuk meningkatkan kehidupan sosial ekonomi keluarga?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian yaitu pada home industry keramik di kampung wisata keramik kelurahan Dinoyo, kecamatan Lowokwaru, kota Malang. Hasil dalam penelitian ini mencakup beberapa temuan penelitian adalah (1) Perempuan yang berkecimpung dalam home industry keramik Dinoyo, memiliki beberapa makna bekerja tersendiri diantaranya yakni: sebagai bentuk dari aktualisasi diri dan sebagai pekerjaan yang disukai dan menjadi hobi. (2) Setiap perempuan yang memiliki beban kerja ganda pada ranah publik pasti memiliki cara untuk membagi waktu yang berbeda antara pekerjaan domestik dan pekerjaan publik. Hal tersebut juga terjadi pada pekerja perempuan dalam home industry keramik Dinoyo yang dapat membagi waktu bekerja mereka dengan cara: menyelesaikan pekerjaan rumah terlebih dahulu, menyambi antara pekerjaan rumah beserta toko, dan berbagi peran dengan suami. (3) Strategi yang dilakukan perempuan dalam home industry keramik Dinoyo untuk meningkatkan kehidupan sosial ekonomi keluarga yaitu; mengikuti asuransi pendidikan, mengikuti kegiatan PKK berupa arisan dan koprasi simpan pinjam, dan memiliki pekerjaan sampingan berupa catering. Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu setiap perempuan agar dapat mengembangkan keterampilan mereka untuk pekerjaannya di masa depan. Di sisi lain, pemerintah harus menyediakan lowongan pekerjaan bagi perempuan di kota Malang. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan mengkaji lebih mendalam mengenai pekerja perempuan yang ikut serta dalam mengembangkan produk expor kerajinan keramik Dinoyo dalam lingkup pasar internasional Asia Tenggara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55823

Actions (login required)

View Item View Item