Etnografi kelas dalam pemahaman pembelajaran IPS terpadu bidang sosiologi di SMP Mitra Patrang, Kabupaten Jember / Fajwatul Khoiriyah

Khoiriyah, Fajwatul (2019) Etnografi kelas dalam pemahaman pembelajaran IPS terpadu bidang sosiologi di SMP Mitra Patrang, Kabupaten Jember / Fajwatul Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khoiriyah, Fajwatul. 2019. Etnografi Kelas dalam Pemahaman Pembelajaran IPS Terpadu Bidang Sosiologi di SMP Mitra Patrang, Kabupaten Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Soiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Nur Hadi, M.Pd, M.Si Kata Kunci: Etnografi kelas, Pemahaman, IPS terpadu bidang sosiologi Etnografi kelas ini mengandung sebuah unsur-unsur yang memuat tentang keanekaragaman kegiatan guru dan peserta didik yang terjadi didalam kelas serta lingkungan yang mempengaruhinya. Segala aktivitas dan tingkah laku dalam berinteraksi yang terjadi dalam kelas pada saat proses pembelajaran IPS terpadu berlangsung. Matapelajaran IPS terpadu merupakan matapelajaran yang meliputi bahan kajian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan ekonomi. Bahan kajian tersebut menjadi matapelajaran yang harus dipadukan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS ditingkat SMP. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan etnografi kelas dalam pemahaman pembelajaran IPS terpadu bidang sosiologi serta mendeskripsikan tentang cara guru matapelajaran dalam memberi pemahaman pada peserta didik saat pembelajaran IPS terpadu berlangsung di SMP Mitra Patrang. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya yaitu etnografi. Penelitian etnografi adalah sebuah penelitian yang menggunakan serangkaian metode dan teknik penelitian karena karakteristik dari objek yang diteliti bersifat dinamis. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian ini sebagai instrumen dan fokus penelitian ini bersifat holistik. Pengumpulan data dalam penelitian ini ini meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Etnografi kelas yang tenrjadi di SMP Mitra Patrang meliputi kegiatan guru dan peserta didik dalam kelas, kondisi sekolah, lingkungan sekitar sekolah. Proses pembelajaran IPS terpadu yang terjadi di sekolah tersebut masih pembelajaran searah yang cenderung identik dengan teori pendidikan kaum tertindas. (2) Cara guru mataplajaran memberi pemahaman kepada peserta didik dalam pembelajaran IPS terpadu cukup beragam, salah satunya dengan bahasayang mudah dipahami peserta didik yaitu bahasa Madura. Namun, guru jarang sekali menggunakan media dalam proses pembelajaran IPS terpadu. Berdasarkan kesimpulan diatas, disarankan guru untuk meningkatkan penggunaan media dalam pembelajaran IPS terpadu agar pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran IPS terpadu lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55822

Actions (login required)

View Item View Item