Usaha pendidikan karakter bagi anak oleh taman bacaan masyarakat "Omah Sinau Kita" di Dusun Ngepeh, Desa Ngijo Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang / Muhammad Afif Nurwan

Nurwan, Muhammad Afif (2019) Usaha pendidikan karakter bagi anak oleh taman bacaan masyarakat "Omah Sinau Kita" di Dusun Ngepeh, Desa Ngijo Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang / Muhammad Afif Nurwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii ABSTRAK Nurwan, Muhammad Afif. 2019. Usaha Pendidikan Karakter Bagi Anak Oleh Taman Bacaan Masyarakat ÔÇ£Omah Sinau KitaÔÇØ Di Dusun Ngepeh, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Abdul Latif Bustami, M.Si Kata kunci: Pendidikan karakter, Pendidikan non formal, Anak, Desa Laju gerak modernisasi pada masa kini menjadi semakin cepat dan tak terkendali dalam hampir semua lini kehidupan manusia. Gelombang modernisasi mulai merambah ke segala lini kehidupan manusia baik dari spasial perkotaan hingga pada ruang-ruang pedesaan. Hampir semua lini kehidupan manusia di desa pada masa kini sudah mengenal apa itu modernisasi. Pada masa kini, pendidikan mainstream yang diajarkan di sekolah-sekolah dianggap kurang berperan dalam mendidik anak menjadi manusia seutuhnya. Pendidikan yang diberikan oleh sekolah formal seakan-akan hanya mempersiapkan manusia untuk menjadi pengguna atau pengoperasi dari alat-alat modern itu sendiri, sementara hakikat pendidikan bagi manusia adalah ada pada pengembangan kreativitas dan kemampuan Soft Skills. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan bentuk kegiatan pendidikan karakter dan pemroteksian diri anak-anak dari dampak negatif modernisasi yang berada di Dusun Ngepeh, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang dan berusaha menjelaskan apakah bentuk kegiatan pendidikan karakter yang dilaksanakan dalam ruang pendidikan non formal tersebut dapat dikatakan berkelanjutan dan mempunyai orientasi jangka panjang. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan datanya adalah melalui observasi partisipan, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data hasil penelitian menggunakan tiga tahapan yaitu; Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber data yaitu; triangulasi hasil wawancara, triangulasi hasil observasi, dan triangulasi dokumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2019 04:29
Last Modified: 07 Oct 2019 08:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55821

Actions (login required)

View Item View Item